Home Ekbis Selisih Harga Komoditi Pokok Pasar Tradisional Vs Modern, Ternyata Lebih Murah di...

Selisih Harga Komoditi Pokok Pasar Tradisional Vs Modern, Ternyata Lebih Murah di …

237
0
Tinjauan Harga Komoditi Pokok Dinas Pasar Di Pasar Modern dan Tradisional di Kota semarang.
      SEMARANG, 9/6 (BeritaJateng.net) – Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar modern ternyata ditemui lebih murah dibandingkan dengan pasar modern. Hanya saja selisih harga tidak banyak, sekitar Rp1.000 hingga Rp2.000.
      Misalnya saja untuk telur ayam harga di pasar tradisional mencapai Rp21.000 sementara di pasar modern harga Rp20.000. Daging ayam di pasar tradisional harga berkisar Rp34.000 hingga Rp36.000, sedangkan di pasar modern harganya sekitar Rp28.500 hingga Rp32.800.
      ”Ini berdasarkan sidak pantauan yang kami lakukan di sembilan pasar modern dan pasar tradisional yang ada di Kota Semarang. Selisih harga diperkirakan terjadi karena pasar modern membelinya secara grosiran atau dalam skala besar. Stok lebih banyak dibandingkan di pasar tradisional, sehingga harganya turun. Walaupun sebenarnya selisih harga juga tidak terlalu banyak,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, Jumat (8/6).
      Dalam kegiatan sidak kali ini, Dinas Perdagangan mengajak beberapa instansi lain seperti Badan Ketahanan Pangan Kota Semarang dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang. Mereka mengunjungi Pasar Bulu, Giant Ekstra di Karangayu, dan Carefour di DP Mall.
      ”Bedanya, kalau di pasar tradisional pedagang dengan pembeli masih bisa tawar menawar dan berkomunikasi terkait kesepakatan harga. Jadi perbedaan harga masih terbilang wajar,” papar dia.
      Divisi Manager Grocery Giant Ekstra di Karangayu, Poni Yuniardi, mengatakan, harga-harga tersebut merupakan ketentuan yang diputuskan oleh kantor pusat. Tidak ada perbedaan harga di seluruh jaringan di Indonesia. Pada pantauan di pusat perbelanjaan tersebut, harga kecap manis ukuran 520 mililiter sebesar Rp17.900, udang vaname dalam kemasan dibanderol Rp7.990/100 gram, untuk harga telur Rp2.099/100 gram. Adapun daging ayam broiler Rp28.500, daging ayam jantan Rp32.800, dan daging ayam kampung Rp52.500.
      ”Harga-harga kebutuhan masyarakat ini bukan kami yang menentukan. Kami hanya mengikuti keputusan dari kantor pusat. Stok memang terbilang banyak,” ujar dia. (El)