Home Headline Selewengkan Pendapatan Desa, Kades Wangan Dowo Ditangkap

Selewengkan Pendapatan Desa, Kades Wangan Dowo Ditangkap

57
0
Selewengkan Pendapatan Desa, Kades Wangan Dowo Ditangkap
       KAJEN, 26/10 (BeritaJateng.net) – Kepala Desa Wangan Dowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, Subari (54) ditangkap Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Pekalongan lantaran nekat melakukan tindak korupsi atau menyelewengkan kas desa kemarin.
       Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menemukan adanya kerugian negara hingga mencapai 521 juta.
        “Terungkapnya ini berawal dari informasi warga ke anggota yang menginformasikan adanya kegiatan penerimaan sewa jalan desa, pembayaran tanah dan kompensasi galian C dari PT SMJ tidak dimasukkan ke APBDes Wangan Dowo atau kas desa, pada tahun 2016 lalu hingga awal tahun 2018,” katanya.
        Dalam pengelolaanyapun, imbuh dia, tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat 4 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, serta tidak sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan Desa.
         “Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Kades Wangandowo dikenakan Pasal 2 atau 3 atau Pasal 8 Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi. Ancaman hukumnnya 20 tahun penjara,” tuturnya. (ST/EL)