Home Lintas Jateng Selama Ramadhan, MAS Gelar Kegiatan Keagamaan

Selama Ramadhan, MAS Gelar Kegiatan Keagamaan

IMG-20150618-WA0012

Semarang, 18/6 (BeritaJateng.net) – Masjid Agung Semarang (MAS) adakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan. Berbagai kegiatan ini dimulai setiap hari, dari pagi setelah shalat Shubuh hingga malam selama bulan Ramadhan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masjid yang juga dikenal dengan Masjid Kauman Semarang ini selalu ramai dikunjungi terlebih pada saat bulan Ramadhan.

Hal itu disampaikan oleh M.S Muhaimin, S.Sos selaku Sekretaris Pengelola Masjid Agung Semarang di kantor takmir MAS, jalan Alun-Alun Barat Semarang, Kamis (18/6) siang.

Diantara berbagai kegiatan ini dimulai dengan kajian kitab kuning, diikuti oleh bapak-bapak di ruang utama MAS setelah shalat Shubuh, yang dipimpin oleh KH. Muhammad Abdul Mun’im.

Secara bersamaan di ruang yang berbeda, tepatnya di serambi putri digelar pengajian yang dipimpin oleh Nadhifah, M.Ag Al Hafidzoh dan Khoiriyah Al Hafidzoh serta Nurul Awaliyah Al Hafidzoh.

Lalu, lanjutnya, pada pukul 10.00 WIB di serambi utama digelar pengajian kitab kuning yang diasuh oleh KH. Moch Azim yang meneruskan almarhum KH. Mushofa Abdullah.

Kemudian pada siangnya setelah zuhur digelar tafsir dan fadhilah Al Quran yang dipimpin oleh KH. Achmad Naqib Nur Al Hafidz yang juga Imam Besar Masjid Agung Semarang. Sedangkan untuk sore harinya setelah shalat Ashar diadakan kajian tematik khusus pada hari Ahad dan untuk hari Jumatnya digelar mujahadah yang dipimin Dr. Abdurrahman Smith, Lc, MA.

Tidak hanya itu, menurut Muhaimin pada sore harinya diadakan buka bersama yang diperuntukkan untuk umum.

“Ciri khas buka bersama disini selalu diawali dengan minum air Zamzam, lalu kurma dan selanjutnya disediakan makanan besar. Dan air zamzam beserta kurma tersebut asli didatangkan langsung dari Makkah oleh seorang dermawan yang tidak ingin disebutkan namanya,” jelasnya. (Mg-2)