Home Lintas Jateng Selama 2014, 28 Orang Tewas di Jalan Raya Kabupaten Pekalongan

Selama 2014, 28 Orang Tewas di Jalan Raya Kabupaten Pekalongan

355
image
Ilustrasi

Pekalongan, 23/12 (Beritajateng.net)- Sebanyak 28 orang dari 187 peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan raya Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, selama 2014 meninggal dunia dengan kerugian materi sekitar Rp230 juta, kata Kepala Kepolisian Resor Pekalongan, AKBP Indra Krismayadi.

“Oleh karena itu, kami mengimbau pada pengendara motor dan mobil waspada dan berdisipilin lalu lintas di jalan raya karena kepadatan arus kendaraan juga kian padat,” katanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu.

Selain mengakibatkan 28 tewas, kata dia, jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya selama Januari hingga menjelang akhir Desember 2014 juga mengakibatkan korban luka berat sebanyak 35 orang dan luka ringan 234 orang.

Ia mengatakan untuk menekan jumlah kecelakaan lalu lintas, polres melakukan kegiatan operasi dan menyosialisasikan tertib berlalu lintas pada masyarakat.

Selama operasi “Lilin Candi”, kata dia, polres telah menindak pelanggar kendaraan sebanyak 38.673 perkara yang terdiri atas pemberian bukti pelanggaran (Tilang) pada 13.429 orang dan teguran lisan 25.244 orang.

Ia mengatakan selain angka kecelakaan, polres juga mencatat 10 kasus, antara perjudian sebanyak 67 kasus, pencurian dengan pemberatan (curat) 63 kasus, pencurian 16 kasus.

Tindak kejahatan penipuan 17 kasus, narkotika dan obat terlarang 14 kasus, penganiayaan 10 kasus, pencurian dengan kekerasan (curas) sembilan kasus, pemalsuan surat tujuh kasus, dan curanmor empat kasus, serta pengeroyokan enam kasus.

“Saat ini, masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Oleh karena itu, kami membutuhkan dukungan semua pihak agar iku berperan aktif menjaga kantibmas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2015,” katanya.(ant/ss)