Home Lintas Jateng Sektor Pertanian Meningkatkan Pendapatan Banjarnegara

Sektor Pertanian Meningkatkan Pendapatan Banjarnegara

702
sawah pertanian
ilustrasi

Banjarnegara, 26/11 (BeritaJateng.Net) – Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan bahwa sektor pertanian sangat penting dalam meningkatkan pendapatan dan pengembangan perekonomian Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Pembangunan pertanian di Banjarnegara semakin maju dan terus berkembang serta memberikan kontribusi yang besar. Ini menunjukkan bahwa pertanian merupakan sektor yang sangat penting,” kata bupati di Banjarnegara, Rabu (26/11).

Bupati mengatakan hal itu seusai membuka Banjarnegara Agro Ekspo (BAE) Tahun 2014 yang digelar dalam rangka Hari Pangan Sedunia di Jalan Dipayuda, Banjarnegara.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa tantangan dan masalah yang dihadapi dalam pembangunan pertanian untuk meningkatkan pendapatan dan mengembangkan perekonomian daerah tidaklah kecil.

“Keterbatasan sumber daya manusia yang bergerak di sektor pertanian makin menurun, tantangan degradasi lahan dan alih fungsi lahan pertanian, persaingan mutu dan harga produk atau komoditas pertanian lokal dengan komoditas luar, kontinuitas serta jumlah produksi merupakan beberapa hal yang menjadi tantangan dan hambatan dalam pembangunan pertanian ke depan,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, guna mempertahankan dan meningkatkan sektor pertanian dibutuhkan strategi pembangunan pertanian yang tepat agar potensi yang beragam menjadi bernilai positif untuk pembangunan.

“Dengan pendampingan teknis dan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Distankannak) diharapkan kemampuan para petani, peternak, dan pembudidaya ikan akan terus meningkat,” katanya.

Ia mengharapkan adanya peningkatan jaringan promosi dan kemitraan dengan lembaga-lembaga keuangan lainnya guna mengatasi masalah permodalan dan pemasaran hasil produksi.

“Satu hal yang tidak boleh lupa dan harus terus dikembangkan adalah sinergitas antara subsistem hulu dan hilir sektor pertanian serta sinergi program pembangunan pertanian dinas teknis pemangku tugas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Distankannak Banjarnegara Nurudin mengatakan bahwa BAE Tahun 2014 ditujukan untuk menjalin komunikasi yang harmonis antarpemangku kepentingan sektor pertanian yang lebih intensif agar pelaksanaan pembangunan pertanian dapat berjalan optimal.

Selain itu, kata dia, BAE Tahun 2014 juga sebagai sarana untuk mendukung visi dan misi Banjarnegara yang memrioritaskan pembangunan pada sektor pertanian secara umum.

“Berbagai hasil pertanian tanaman pangan dan hortikultura ditampikan di BAE Tahun 2014 seperti padi, pisang, kentang, dan sayuran yang menjadi andalan setiap kecamatan di Banjarnegara,” katanya. (ant/pri)