Home Headline Sekolah Ini Kondisinya Memprihatinkan

Sekolah Ini Kondisinya Memprihatinkan

image

Blora, 14/4 (Britajateng.net) – Kondisi ruang sekolah memprihatinkan masih saja terjadi di sekolah dasar negeri (SDN) Desa. Soko, Kec. Jepon, Kabupaten Blora. Namun semangat siswa untuk terus belajar tidak pernah surut meskipun bahaya sakit pernafasan mengancam mereka saat belajar.

Sekolah tersebut dinilai tidak layak untuk kegiatan belajar-mengajar. Kondisi ruang kelas sekolah dasar tersebut berupa kondisi plafon belum terpasang, tembok dinding belum pernah di cat, meja dan kursi kelas juga sudah tidak layak dan parahnya lagi konsidi lantai belum dikeramik menyebabkan debu yang sangat mengggu proses belajar mengajar.

Kepala sekolah SDN Soko Sri Sukarsih, menjelaskan kejadiannya berawal dari tidak dituntaskannya pengerjaan proyek tersebut oleh pemborongnya (kontraktor), dan kontraktor itu pergi begitu saja.

Proyek itu sendiri menurut informasi bersumberkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Blora Tahun Anggaran 2012 sebesar Rp 162 juta, namun pekerjaan proyek itu tidak diselesaikan oleh kontraktornya .

Untuk mengurangi debu yang mengganggu proses belajar mengajar, saat ini pihak sekolah berusaha memasang terpal untuk lantai, namun kondisi terpal saat ini juga sudah mulai rusak lagi.

Sri juga menyampaikan dari Dinas Pendidikan Blora sudah beberapa kali cek ke SDN Soko untuk melihat langsung kondisi ruang kelas tersebut dan berjanji akan dikeramik, namun kenyataanya sampai saat ini belum ada juga bantuan anggaran dari Pemerintah untuk melanjutkan bangunan yang sudah ditinggalkan kontraktornya hampir 3 tahun ini.

“Dulu sekolah ini memang sudah dicek oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dan dijanjikan akan dikeramik,namun sampai saat ini belum juga ada bantuan” kata dia.

Salah satu murid SDN Soko Ahmad (6) menyapaikan sangat terganggu  dengan lantai yang berdebu dan belum di keramik, apalagi dengan keadaan terpal yang sudah rusak ini kadang bisa menjatuhkan murid pada saat berjalan, karna kondisi terpal sudah rusak dan banyak lubang.

Selaku kepala sekolah Sri berharap dari Dinas Pendidikan Blora mau segera membantu menyelesaikan ruang kelas yang kondisinya sangat menyedihkan ini, agar proses belajar mengajar tidak terganggu lagi. (BJ31)

Advertisements