Home Headline Sekolah di Kudus Dilengkapi Zona Selamat Sekolah

Sekolah di Kudus Dilengkapi Zona Selamat Sekolah

Zona Selamat Sekolah

Kudus, 16/2 (BeritaJateng.net) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera membuat zona aman atau dikenal dengan zona selamat sekolah (ZoSS) guna meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Kudus Didik Sugiharto di Kudus, Senin, zona aman sekolah tersebut segera dibuat di beberapa sekolah, terutama sekolah yang berada di tepi jalan raya.

ZoSS tersebut, kata dia, berbeda dengan zebra cross biasa, mengingat ZoSS dibuat lebih panjang dengan warna merah sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keselamatan anak.

“Apalagi, Kota Kudus saat ini mendapatkan predikat sebagai kota layak anak tipe Madya,” ujarnya.

Pada tahap awal, kata dia, ZoSS akan dibuat di depan SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5 Kudus.

Tahap selanjutnya, lanjut dia, tentu akan menyasar ke sekolah lain yang memang berada di tepi jalan raya.

Jumlah sekolah yang berada di tepi jalan raya, kata dia, cukup banyak sehingga program zona aman tersebut memang perlu digulirkan guna meminimalkan potensi terjadinya kecelakaan.

Tahun anggaran 2015, kata dia, memang tersedia untuk program tersebut sehingga dua sekolah yang akan menjadi percontohan segera dilakukan.

“Saat ini hanya menunggu proses lelang sehingga diperkirakan Maret 2015 mulai dilaksanakan,” ujarnya.

Selama ini, lanjut dia, Dishubkominfo Kudus juga melakukan upaya meminimalkan kecelakaan di depan sekolah dengan menyediakan Kerucut lalu lintas (traffic cone).

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Kudus Yuliati mengungkapkan, ZoSS memang diperlukan di masing-masing sekolah yang berada di tepi jalan raya.

Selain sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keselamatan anak, kata dia, pengadaan ZoSS tersebut juga bertujuan untuk mendukung predikat Kota Kudus sebagai kota layak anak.

Sarana dan prasarana yang mendukung untuk menjadi kota ramah terhadap anak, kata dia, memang perlu diperbanyak, salah satunya ZoSS karena banyak sekali sekolah yang berada di tepi jalan raya.

“Beberapa waktu lalu, kami memang berkoordinasi dengan Dishubkominfo Kudus terkait perlunya pengadaan ZoSS,” ujarnya.

Apabila semua sarana dan prasarana untuk menjadi kota ramah terhadap anak terpenuhi, kata dia, Kota Kudus dimungkinkan bisa naik predikat dari kota layak anak Madya menjadi Nindya.

Untuk menjadi kabupaten layak anak, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi, seperti indikator umum yang terdiri atas bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan, infrastruktur, pariwisata, dan lingkungan hidup.

Sementara indikator khusus, meliputi pembuatan kebijakan dan promosi Kudus sebagai kabupaten yang layak terhadap anak. (ant/BJ)