Home Headline Sejumlah Warga di Blora Gelar Deklarasi Tolak Politik Uang

Sejumlah Warga di Blora Gelar Deklarasi Tolak Politik Uang

199

BLORA, 25/10 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 50 warga RW 6 Kelurahan Jepon, Kabupaten Blora Jawa Tengah Sabtu, (24/10), mendeklarasikan tolak money politik di Pendopo Kelurahan Jepon.

Cara ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menolak politik uang (Money Politik) di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Salah satunya dengan memggelar deklarasi menolak politik uang. Deklarasi dilakukan dengan pembacaan sikap politik dan penandatanganan deklarasi di spanduk besar beukuran 2 X 4 meter, dan akan dipasang ditempat strategis.

Kegiatan itu diinisiasi warga RW 6 Kelurahan Jepon. Usai menggelar deklarasi, mereka selanjutnya menggelar karnaval sepeda motor sepanjang 1 kilometer dengan massa dua puluh orang.

Ketua panitia, Gatot Aribowo mengatakan, deklarasi menolak politik uang dilatarbelakangi kejenuhan masyarakat yang cenderung dicekoki para elit politik dengan uang untuk mencari dukungan.

“Jadi kami selalu berpikir bahwa bagaimana cara mengubah cara pikir dari masyakarat itu. Sehingga kami menggagas acara seperti ini,” kata Gatot (Sabtu, 24/10/2020)

Dengan munculnya deklarasi ini, ia berharap muncul kesadaran masyarakat untuk menolak politik uang. Iapun mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan tidak mudah tergiur dengan iming-iming yang menguntungkan para elit politik.

“Kita berharap dengan adanya ini kita ingin menghapus atau melawan adanya politik uang. Seandainya tidak kita awali saat ini, kapak mulai berubah. Jadi memang ini adalah momen bagi kami untuk mengawali perubahan,” ujarnya.

Kegiatan deklarasi ini dihadiri Bawaslu Blora dan jajaran Forkopimcam Kecamatan Jepon.

Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk menolak politik uang. Ia berharap kegiatan ini bisa diikuti Desa-desa lain.

“Kami apresiasi setinggi tingginya kegiatan ini. Semoga ini tidak ceremonial saja, namun muncul kesadaran untuk melakukannya. Ini yang pertama di Kecamatan Jepon. Semoga bisa diikuti pemuda – pemuda di Desa lain,” ucapnya. (Her/El)