Home Hiburan Sejumlah daerah siap meriahkan Festival Payung Indonesia

Sejumlah daerah siap meriahkan Festival Payung Indonesia

Solo, 23/11 (BeritaJateng.Net) – Sejumlah daerah dari berbagai provinsi di Tanah Air siap memeriahkan “Festival Payung Indonesia 2014” di Taman Balekambang Solo, mulai 28 hingga 30 November.

Heru Mataya, koordinator pelaksana Festival Payung Indonesia 2014, di Solo, Minggu mengatakan kegiatan tersebut untuk menggali manfaat payung yang dapat dijadikan karya seni luar biasa dari berbaga daerah di Indonesia.

Heru Mataya menjelaskan, kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Surakarta, Red Batik, Rumah Karnaval, dan akan menampilkan sejumalh kegiatan, seperti workshop, melukis payung dan pertunjukan seni payung.

Menurut dia, sejumlah daerah yang banyak memproduksi payung seperti Juwiring, Kabupaten Klaten (Jawa Tengah), Tasikmalaya (Jawa Barat) merupakan salah satu tempat sejarah berdirinya payung.

Meskispun, perajin payung di daerah tersebut hingga sekarang masih ada yang menekuni, tetapi produksi mereka yang turun-temurun itu, mengalami penurunan drastis.

Oleh karen itu, pihaknya ingin kembali mengangkat daerah tersebut sebagai ikon payung agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Peserta yang sudah menyatakan siap ingin memeriahkan Festival Payung di Solo, antara lain dari Makassar, Padang, Jawa Barat, dan Bali.

Menurut dia, mereka hadir dengan kreasi payung dari daerahnya masing-masing yang akan ditampilkan pada festival payung di Balekambang Solo. Kegiatan ini sebagai prakegiatan, sebelum digelar bersama Pemkot Surakarta 2015.

Kegiatan festival payung pada hari pertama tersebut, kata dia, akan menampilkan antara lain pentas gamelan coro balen dan anak-anak melukis payung kertas Juwiring, Reog Nirboyo Tri Mukti Gunung Kidul, pantomim instalasi payung, kolaborasi fantasi payung Endah Laras dan Red Batik, dan Tari Payung Sanggar Soeryo Soemirat Istana Mangkunegaran.

Ia menjelaskan, payung identik dengan seorang wanita, dan penyelenggaraannya di Taman Balekambang yang terdapat patung GRAy Partini dan GRAy Partinah merupakan putri dari KGPAA Mangkunegara VII.

Pihaknya mencoba memanfaatkan patung tersebut untuk menjadi sebuah sajian karya seni yang luar biasa dan patut ditampilkan. (ant/pri)

Advertisements