Home Headline Sejumlah Daerah di Klaten Kebanjiran

Sejumlah Daerah di Klaten Kebanjiran

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Klateng,13/1 (Beritajateng.net) – Hujan deras yang mengguyur kota Klaten dan sekitarnya menyebabkan beberapa daerah di Kabupaten yang berbatasan langsung dengan DIY kebanjiran.

Kepala BPBD Klaten Sri Winoto memaparkan daerah di wilayah Klaten yang terendam banjir diantaranya
Dukuh Modran, Desa Talang, Kecamatan  Bayat, Dusun Dengkeng Kecamatan  Wedi, Desa Ngandong,  Gantiwarno,

“Dari data yang masuk ke BPBD banjir di wilayah Modran kecamatan Bayat air sungai dengkeng meluap mengenangi dua desa dan satu hektare tanaman. Tinggi genangan satu meter dan talut  juga ambles,” jelas Sri Winoto di Klaten Jawa Tengah, Selasa (13/1/2015).

Sedangkan di Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi, ada pohon roboh ke tengah sungai yang  mengakibatkan talut rawan longsor karena terkikis air.

Kondisi serupa juga terjadi di wilayah Ngandong, Gantiwarno sebelah   sungai Dengkeng, sawah seluas 26 ha terendam. Tanaman padi berusia 1,5 terancam mati.

“Dukuh Kalibubar, desa Randusari Prambanan jalan desa terputus akibat tergerus air hujan diantara persawahan. Lebar longsoran 3 meter panjang longsoran 6 meter dan memutus akses jalan,” terangnya.

Menurut Sri Winoto curah hujan tinggi menyebabkan tanggul  sungai Dengkeng sepanjang 100 meter lebar 20 meter di Dukuh Konang, Desa Kebon,  Bayat, hilang tergerus air sungai tersebut.

“Tak hanya jembatan kali papah yang merupakan jalan penghubung beberapa wilayah di  DIY,  Klaten, dan Wonogiri  sayap jembatan retak lebar 5 cm sepanjang 8 meter,” pungkasnya. (BJ24)