Home News Update Sebanyak 558.646 Naskah UN Siswa SMP se Jateng-DIY Sudah Didistribusikan

Sebanyak 558.646 Naskah UN Siswa SMP se Jateng-DIY Sudah Didistribusikan

442
Penempelan stiker dokumen negara pada armada pengirim naskah UN
Penempelan stiker dokumen negara pada armada pengirim naskah UN
Penempelan stiker dokumen negara pada armada pengirim naskah UN

Kudus, 1/5 (Beritajateng.net) – Materi soal ujian nasional (UN) bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat untuk 35 Kabupaten dan Kota Madya se Jawa Tengah, Jumat (1/5) dini hari mulai didistribusikan.

Pengiriman dilakukan dari gudang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang berlokasi di perusahaan penerima order yakni PT Pura Barutama Kudus menggunakan armada PT Pos Indonesia.

Sehari sebelumnya, dari tempat yang sama sudah didistribusikan materi UN untuk lima Kabupaten/ Kota di DIY serta untuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Sedang untuk pendistribusian naskah soal wilayah Jawa Tengah, pemberangkatan dilakukan pukul 00.20 (1/5) diawali truk yang bertugas mengirim ke lokasi yang jarak tempuhnya paling jauh yakni Kabupaten Cilacap disusul kendaraan untuk daerah lain.

Pelepasan materi UN dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Nur Hadi Amiyanto didampingi Ketua Penyelenggara UN Tingkat Jawa Tengah Tri Handoyo.

Disaksikan petugas Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah Nur Abadi, Waka Polres Kudus Kompol Yunaldi dan Manager General Affair PT Pura Barutama Iwan Wijaya.

Sebelum pemberangkatan dilakukan, dilakukan penempelan stiker bertuliskan ‘Dokumen Negara’ dilanjutkan penyegelan armada pengangkut untuk memastikan keamanan dan tidak ada soal yang bocor. Untuk menjaga keamanan selama dalam perjalanan maupun ketika tiba di tempat tujuan, setiap truk dikawal polisi bersenjata lengkap serta dikawal petugas dari masing- masing dinas terkait.

“Sementara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, semua armada pengangkut telah dipersiapkan dengan baik, termasuk kondisi ban utama dan cadangannya dan sebelum berangkat semua kendaraan harus sudah terisi penuh bahan bakar. Intinya, tidak ada yang berhenti di jalan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Nur Hadi Amiyanto.

Sedangkan menurut Ketua Penyelenggara UN Tingkat Jawa Tengah, Tri Handoyo disebutkan bahwa peserta UN Jateng 2015 untuk siswa SMP, SMP Terbuka, SMPLB, MTs dan Paket B sebanyak 558.646 siswa dari 6.430 sekolah. Rinciannya, SMP sebanyak 3.141 sekolah (395.827 siswa), SMP Terbuka 152 sekolah (3.540 siswa), SMPLB 96 sekolah (569 siswa), MTs 1.618 sekolah (144.805 siswa), dan program paket B 1.423 lembaga dengan jumlah peserta 13.905 siswa.

“Pelaksanaan UN akan dimulai Senin (4/5) hingga Kamis (7/5) dengan materi ujian Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA,” katanya.

Ditambahkan General Affair Unit Total Security System (TSS) Mulyani bahwa pihaknya mendapatkan order cetak naskah soal UN SMP untuk Kalimantan Selatan, DIY dan Jawa Tengah. Pencetakan seluruh naskah dilakukan mulai 16 Maret hingga 18 April 2015, melalui pengamanan super ketat.

“Pengawasan sejak pra cetak, proses cetak, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan naskah ujian dilakukan super ketat selama 24 jam penuh dan setiap sudut ruangan dipasang CCTV termasuk pelarangan membawa HP atau alat komunikasi bentuk apapun bagi pekerja yang terlibat dalam pencetakan,” pungkasnya. (BJ12)