Home Lintas Jateng SBY Serap Aspirasi Masyarakat di Cilacap

SBY Serap Aspirasi Masyarakat di Cilacap

570
Ketua umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat meet people untuk menyerap aspirasi rakyat dalam safari politiknya di Cilacap.

— Dijuluki Bapak PNPM Indonesia
— Hari Ini Kunjungi Purworejo


CILACAP, 11/3 (BeritaJateng.net)
– Rangkaian safari politik Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertajuk Tour de Java berlanjut. Rabu (10/3) kemarin Presiden RI ke-6 itu telah memasuki wilayah Jawa Tengah setelah sebelumnya mengunjungi beberapa daerah di Jawa Barat.

Di Jawa Tengah, daerah pertama di Jawa Tengah yang dikunjungi SBY adalah Cilacap. Bertempat di salah satu rumah makan di Wanareja, Cilacap, SBY dan rombongan dari pengurus teras Partai Demokrat serta DPD Partai Demokrat Jawa Tengah mulai menyapa dan mencoba mendengar aspirasi masyarakat di daerah pesisir tersebut.

Dalam kesempatan dialog, beberapa hal coba disampaikan oleh masyarakat yang datang dari berbagai kalangan seperti pedagang, nelayan, petani, guru maupun tokoh masyarakat setempat.

Masyarakat banyak menyoroti mengenai program-program positif yang telah dilahirkan selama 10 tahun masa kepemimpinan SBY, salah satunya adalah program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

“Program PNPM menurut kami memang benar-benar bermanfaat dan langsung diberikan untuk rakyat, namun sekarang sudah tidak ada lagi. Salah satu contoh adalah pembangunan pasar ikan di Desa Jenang, Kecamatan Majenang. Saya kira Bapak SBY layak mendapat julukan Bapak PNPM Indonesia,” kata mantan Kepala Desa Jenang, Sunarto.

Menanggapi berbagai aspirasi masyarakat tersebut, SBY mengaku siap mengawal segala aspirasi yang diutarakan kepada masyarakat, meski saat ini pihaknya sudah tidak duduk dalam pemerintahan lagi.

”Termasuk mengenai program yang diinginkan masyarakat. Program apapun, yang baik dan disukai rakyat saya kira bisa dilanjutkan, tidak dibuang,” kata SBY.

Dalam safari dengan tagline #SBYTourDeJava ini, SBY didampingi jajaran pimpinan PD. Di antaranya Sekjen Hinca Pandjaitan, Ketua DPP Didik Mukrianto, Waketum PD Syarief Hasan, dan Ketua Fraksi PD DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam kesempatan di Cilacap, SBY juga didampingi oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPD PD Jateng Sukawi Sutarip. Kemudian Dewan Pembina PD, Agus Hermanto serta jajaran DPD, DPC Partai Demokrat lainnya.

Acara dilanjutkan di Purwokerto. Tadi malam (10/3), SBY beserta rombongan langsung menggelar rapat konsolidasi dengan kader PD Jawa Tengah baik DPD maupun DPC bertempat di Hotel Aston Purwokerto Kamis (10/3) malam.

Hadir dalam acara kondolidasi tersebut di antaranya dari DPC PD Cilacap , DPC PD Banjarnegara dan dari DPC PD Brebes. Salah satu yang dihabas adalah persiapan Pilkada 2017 mendatang.

“Konsolidasi cukup penting sebagai salah satu bentuk kerja politik PD untuk menyambut Pilkada serentak pada 2017 mendatang. Kehadiran Bapak SBY membuat kader PD di Jawa Tengah cukup antusias dan semangat menyongsong Pilkada 2017,” tandas Wakil Ketua DPD PD Jawa Tengah, AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi.

Tadi malam, SBY menginap di Purwokerto. Selanjutnya perjalanan #SBYTourDeJava hari ini (11/3) dilanjutkan di Purworejo. Selama di Purworejo SBY dan rombongan akan melakukan agenda meet the people.

Selain itu, SBY yang juga didampingi Ibu Ani Yudhoyono juga menyempatkan diri untuk ziarah di makam Sarwo Edhie Wibowo yang juga mertua SBY di Purworejo.

Setelah dari Purworejo, tour dilanjutkan ke DI Jogjakarta untuk acara keluarga. Kemudian SBY dan rombongan akan kembali bersafari di beberapa daerah di Jawa Tengah via Kartosuro, Boyolali dan Salatiga pada Senin (14/3) pekan depan. Sehari setelahnya yaitu Selasa (15/3) SBY Tour de Java akan singgah di beberapa wilayah seperti Kota Semarang, Demak, Kudus dan Jepara

Agenda SBY di Jawa Tengah akan ditutup di Jepara untuk selanjutnya rombongan akan singgah di Lasem kemudian perjalanan akan ditutup dengan Rapat Koordinasi dengan 34 Ketua DPD di Surabaya, Jawa Timur. (BJ)