Home Headline Satu Rumah Ambruk Tertimpa Longsor

Satu Rumah Ambruk Tertimpa Longsor

Rumah milik Rusmanto, warga RT 23 RW 4 Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji tertimpa longsor.

Rumah milik Rusmanto, warga RT 23 RW 4 Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji tertimpa longsor.

Jepara, 5/2 (BeritaJateng.net) –  Rumah milik Rusmanto (36), warga Dukuh Dampak RT 23 RW 4 Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji mengalami kerusakan akibat tertimbun longsor. Longor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur desa setempat.

Longsoran tanah langsung menimpa dinding belakang rumah Rusmanto diakibatkan jarak rumah yang terlalu dekat dengan tebing. Tebing setinggi lima meter hanya berjarak sekitar setengah meter dari belakang rumahnya.

“Saat longsor terjadi, hujan turun deras mengguyur Desa Plajan. Hujan deras terjadi sekitar satu jam,” ungkap Rusmanto.

Menurut Rusmanto, selain karena hujan lebat, kondisi tanah tebing juga tergolong lunak. Sehingga resapan air membuatnya semakin lembek. Kemiringan tebing yang hampir mencapai 90 derajat mengakibatkan tebing mudah longsor.

Akibat longsor tersebut, tembok bagian belakang rumah roboh. Ruang dapur yang merupakan bangunan semi permanen juga mengalami kerusakan. Sejumlah perabot turut tertimbun tanah. Sebab ketika tembok roboh, material tanah dengan volume sekitar enam kubik masuk hingga ruang tamu.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Sebab, menurut Rusmanto, saat kejadian semua anggota keluarga tidak sedang berada di rumah. Mereka sedang mengikuti pengajian di rumah tetangganya.

“Untung saja kami tidak sedang berada di rumah. Kami sekeluarga sedang mengikuti pengajian, sehingga Rumah dalam keadaan kosong,” paparnya.

Rusmanto menjelaskan, sampai saat ini belum ada bantuan dari Pemkab Jepara, BPBD Jepara maupun relawan kebencanaan lainnya.

Baik materi maupun bantuan tenaga untuk membersihkan tanah yang memasuki rumah. Pembersihan sisa longsoran hanya dilakukan pemilik rumah dan beberapa tetangga korban.

“Baru Pemerintah Kecamatan Pakis Aji yang datang memeriksa longsoran. Selain itu belum ada. Dengan bantuan tenaga yang ada, pembersihan sisa longsor akan selesai selama dua hari,” katanya. (BJ18)