Home Nasional Satu Peserta Lolos CPNS Mengundurkan Diri

Satu Peserta Lolos CPNS Mengundurkan Diri

Yogyakarta, 31/12 (Beritajateng.net) – Satu peserta tes calon pegawai negeri sipil Kota Yogyakarta yang sudah dinyatakan lolos seleksi menyampaikan surat pengunduran diri kepada panitia seleksi daerah dengan alasan sudah diterima bekerja di tempat lain.

“Ada satu dari 74 peserta yang sudah dinyatakan lolos menyatakan mengundurkan diri. Sekarang, kami masih memproses penggantinya,” kata Kepala Sub Bidang Administrasi dan Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta, May Indra di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, satu peserta yang mengundurkan diri tersebut sedianya dinyatakan lolos untuk formasi bendahara.

Formasi yang ditinggalkan tersebut tidak akan kosong karena akan diganti oleh peserta tes calon pegawai negeri sipil yang menempati ranking di bawahnya.

“Kami akan ajukan permohonan penggantian kepada panitia seleksi nasional (panselnas) untuk penggantiannya. Bagaimanapun juga, kewenangan untuk menetapkan peserta yang lolos seleksi berada di pusat,” katanya.

May mengatakan, pengunduran diri peserta yang sudah dinyatakan lolos seleksi tersebut sebenarnya cukup merugikan Pemerintah Kota Yogyakarta karena pemerintah daerah berkeinginan mencari pegawai terbaik untuk mengisi tiap posisi yang ditawarkan.

“Seharusnya, kami menerima pegawai dengan nilai yang tinggi. Namun, karena ia mengundurkan diri maka harus diganti peserta dengan ranking di bawahnya,” katanya.

Meskipun demikian, pemerintah kota tidak akan memberikan sanksi berupa pembayaran denda kepada peserta yang mengundurkan diri tersebut. “Tidak ada klausul itu saat pendaftaran. Peserta yang sudah lolos tetapi mengundurkan diri tidak akan diberi penalti denda,” katanya.

Saat ini, peserta tes calon pegawai negeri sipil yang dinyatakan lolos seleksi sudah menyampaikan kelengkapan berkas ke BKD Kota Yogyakarta meskipun belum ada ketetapan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengenai jadwal pemberkasan untuk pengajuan nomor induk pegawai (NIP).

“Meskipun belum ada keputusan pasti tentang jadwal pemberkasan dari BKN, namun kami sudah minta kepada selurh peserta yang lolos tes untuk melengkapi berkas. Sewaktu-waktu ada pengumuman, kami sudah siap mengirimnya,” katanya. (Ant/BJ)