Home News Update Satu Dekade DKV Udinus Lewat Rekam Jejak “Antara Masa”

Satu Dekade DKV Udinus Lewat Rekam Jejak “Antara Masa”

132
0
Satu Dekade DKV Udinus Lewat Rekam Jejak "Antara Masa"
         Semarang, 2/1 (BeritaJateng.net) – Satu dekade sudah usia program studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) beberapa waktu lalu. Merayakan usia muda DKV yang sudah tumbuh pesat, DKV Udinus menggelar rekam jejak “Antara Masa”.
           Akhir tahun, DKV Udinus merayakan satu dekade program studi DKV Udinus dengan berbagai kegiatan. Kegiatan bertajuk “Antara Masa” satu dekade DKV Udinus ini meliputi penulisan dan penerbitan buku, pameran karya, serta diskusi panel. Peringatan tersebut diselenggarakan di Impala Space Lantai 2 Spiegel Bar & Bistro Kawasan Kota Lama Semarang diikuti ratusan peserta baik siswa maupun mahasiswa.
          Sejarah perjalanan program studi DKV Udinus turut mempengaruhi perkembangan desain di Indonesia, khususnya di Semarang. DKV Udinus sudah mencetak banyak alumni yang diserap oleh perusahaan industri kreatif seperti studio desain, studio foto, biro iklan, creative workspace dan lain sebagainya.
           Ketua program studi DKV Udinus Ir Siti Hadiati Nugraini M.Kom, Ph.D mengatakan dengan adanya beberapa capaian membanggakan seperti terbentuknya jurnal Andharupa bertaraf nasional, diterbitkannya paper dosen-dosen DKV  baik tingkat nasional maupun internasional serta MoU dengan Universitas di Hongaria sehingga dosen dari sana mengajar disini selama 3 tahun kedepan dapat membuat DKV Udinus menyelenggarakan pendidikan yang lebih berkualitas.
          Puncak dari peringatan ini adalah penerbitan sebuah buku yang sekaligus dibedah  dan dikemas dalam bentuk talkshow pada (30/12). Buku berjudul “Rupa-rupa : Bicara Desain Komunikasi Visual Kekinian” tersebut adalah kumpulan tulisan beberapa dosen dan mahasiswa. Melalui buku tersebut, para penulis menyampaikan pemahaman, ketrampilan serta pengalamannya dalam dunia desain.
         Buku tersebut terdiri dari 4 pokok utama yakni, Desain dan Estetika, Desain dan Pengalaman, Desain dan Lingkungan serta Dekadekave: Sebuah Perjalanan Emas. Seperti diketahui, prodi yang disahkan Pendidikan Tinggi (Dikti) melalui SK nomor 4067/D/T (06/11) tahun 2006 lalu ini berhasil meraih nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan SK 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 di usianya yang menginjak 9 tahun.
           “Memperoleh nilai akreditasi A di usia yang belum genap 10 tahun merupakan suatu prestasi yang membanggakan yang diraih DKV Udinus,” tutup Kepala Humas Udinus Agus Triyono, S.Sos., MSi. (Bj/El)