Satpol PP Tertibkan Reklame Tak Berizin Di Kendal

Satpol PP Tertibkan Reklame Tak Berizin Di Kendal
         KENDAL, 7/6 (BeritaJateng.net) – Satpol PP Kendal menyisir sejumlah titik untuk penertiban reklame dan spanduk tak berijin, Rabu (7/6). Empat titik utama Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Notomudigdo dan sejumlah ruas lainya. Operasi itu sendiri merupakan operasi gabungan yang dilakukan oleh beberapa stake holder terkait, seperti DPPKAD, Satpol PP, Bina Marga, Ciptaru, Polres, dan Dishub Kendal.
            Sekretaris Satpol PP Heri Wasito mengatakan, operasi penertiban spanduk merupakan operasi rutin untuk menertibkan spandak tak berijin. Selain itu saat ini memang ada penilaian ketertiban dan menyambut bulan suci Ramadhan dan menjalang Idul Fitri. “Operasi penertiban ini untuk membersihkan kota sekaligus menertibkan spanduk tak berijin,” ucapnya.
           Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Permen PU No 20/PRT/M/2010 tentang Pedoman Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-Bagian Jalan dan Perda Nomer 11 tahun 2011 tentang Pajak Daerah. Adapun yang menjadi sasaran adalah reklame-reklame yang melanggar aturan dan mengganggu estetika pemandangan kota.
           “Kami akan langsung mengeksekusi reklame-reklame yang dianggap melanggar aturan dan mengganggu estetika pemandangan daerah. Misalnya saja, dipasang di pohon, melintang di jalan, kadaluarsa ijinnya, belum membayar pajak, dan dipasang tidak pada tempatnya,” paparnya.
            Salah satu warga, Sarkawi (49) mengatakan memang banyak spanduk yang dipasang sembarangan dan tidak beraturan sehingga mengganggu pemandangan wajah kota. Dikatakan, pihaknya setuju langkah satpol pp yang menertibkan spanduk tersebut.
           “Memang harus sering di tertibkan agar tidak semakin menjamur,” ujar Sarkawi. (sty/el)

Tulis Komentar Pertama