Home Headline Satpol PP Eksekusi Hunian yang Langgar Sepadan Sungai

Satpol PP Eksekusi Hunian yang Langgar Sepadan Sungai

55
Satpol PP Eksekusi Hunian yang Langgar Sepadan Sungai

Semarang, 12/9 (BeritaJateng.net) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang mengeksekusi hunian yang melanggar sepadan sungai di wilayah Jalan Taman Kelud, RT 2 RW 5 Kelurahan Petompon, Rabu.

Pantauan BeritaJateng.net, pembongkaran hunian dilakukan dengan menggunakan satu alat berat. Bangunan tersebut nampak dalam proses pembangunan dan sudah selesai fisiknya. Sebelum dibongkar pemilik mengambil atap yang berupa asbes yang masih bisa dimanfaatkan kembali.

Proses pembongkaran berjalan lancar tanpa ada kendala dan penolakan dari pemilik bangunan rumah tersebut.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, akan menindak tegas bangunan yang melanggar di sempadan sungai. Menurutnya, di area tersebut setidaknya ada 10 bangunan yang melanggar.

“Masyarakat jangan coba-coba mendirikan bangunan di sempadan sungai, karena jika ada pelanggaran kita tidak akan kompromi. Kita langsung bongkar jika sudah menerima surat perintah. Tidak ada toleransi dan kompromi yang melanggar akan kita tindak,” imbuhnya.

Dia menerangkan,sementara saat ini surat perintah yang dilakukan pembongkaran satu rumah. Fajar menegaskan rumah yang melanggar aturan di bantaran sungai akan dibongkar.

“Ini sebagai ketegasan penegakan peraturan daerah biar masyarakat tidak coba-coba dan tahu aturan. Pembongkaran ini sesuai rekomendasi dari Dinas Penataan Ruang dibantu alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum, sarana itu untuk memudahkan kami karena sumber daya manusia kami mumpuni,” imbuhnya.

Dia menerangkan, kasus rumah tersebut sama seperti bangunan yang ada di sempadan Banjirkanal Timur. Namun, ada laporan warga ke kelurahan dan pemilik sudah diberikan surat peringatan sebanyak tiga kali. (El)