Home Nasional Satpol PP Dan Satlinmas Se-Jateng Gelar Pasukan Bersama Tahun 2017

Satpol PP Dan Satlinmas Se-Jateng Gelar Pasukan Bersama Tahun 2017

697
Satpol PP Dan Satlinmas Se-Jateng Gelar Pasukan Bersama Tahun 2017

SEMARANG, 19/3 (BeritaJateng.net) – Sejarah bergabungnya Satpol PP dan Sat-Linmas akan ditandai dengan sebuah  kegiatan yang grande berupa Gelar Pasukan Satpol PP dan Sat-Linmas sebanyak 2.500 orang di Stadion Manahan Kota Surakarta, dengan Inspektur upacara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dihadiri para Bupati dan Walikota se-Jawa Tengah, Selasa, (21/3) mendatang.

“Ini merupakan puncak acara HUT ke-67 Satpol PP dan HUT ke-55 Sat-Linmas Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kota Surakarta,” kata Sinoeng N Rachmadi, Kasatpol PP Provinsi Jawa Tengah.

Dalam rangkaian puncak acara kegiatan tersebut, telah dilakukan kegiatan Bhakti Untuk Pertiwi berupa Donor Darah Satpol PP secara serentak di Kabupaten/Kota dan Pemprov, pemberian bantuan 410 tas sekolah dan alat tulis kepada siswa SD/MI se- Jawa Tengah, dan pemberian bantuan kursi roda kepada 19 penyandang disabilitas yang tersebar di Kabupaten/Kota.

“Ini wujud sikap Satpol PP dan Linmas yang semakin Humanis untuk peduli, berbagi dan empati kepada lingkungan,” imbuh Sinoeng.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat merupakan partisipasi dari beberapa pihak untuk memeriahkan puncak acara Satpol PP dan Sat-Linmas antara lain dari Bank Jateng, Pemkot Surakarta selaku tuan rumah, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, RSUD Dr. Moewardi dan RSUD Adhitama Tugurejo Semarang.

Sinoeng menambahkan, bahwa thema puncak acara HUT Satpol PP dan Linmas Tahun 2017 adalah Merawat Kebhinnekaan Demi Indonesia, “Momentum penegakan tekad dan komitmen kami untuk menjaga NKRI dan Merah Putih serta Pancasila,” kata mantan Kepala Biro Humas Provinsi Jawa Tengah itu.

Seiring perjalanan waktu, Satpol PP dan Linmas akan terus berupaya memperbaiki kinerja pelayanan kepada masyarakat yang melalui Humanis, Edukatif dan Melayani dengan HATI, pungkas Sinoeng.
Dasar penggabungan Satpol PP dan Satlinmas:

1. UU No. 23 Th. 2014 ttg Pemerintahan Daerah ps.255 yg menyebutkan bahwa pembentukan Satpol PP antara lain untuk mewujudkan perlindungan masyarakat;

2. PP No. 6 Th. 2010 tentang Satpol PP pasal 4 menyebutkan bahwa tugas adalah perlindungan masyarakat;

3. Permendagri No.64 Th. 2016 tentang perekrutan Satlinmas & pelantikan oleh Kasatpol PP Kab/Kota;

4. Pergub No.62 Th.2016 ttg OPD Satpol PP yang menyebutkan salah satu tugas Satpol PP adalah perlindungan masyarakat.

Maka dengan demikian, Satpol PP & Satlinmas adalaha 2 fungsi yang melebur menjadi satu yakni menjaga kamtibmas, penegakan Perda & PerKaDa serta Perlindungan Masyarakat.

Oleh karena itu dalam melaksanakan tugas pokok & fungsinya adalah mewujudkan sinergitas tupoksi tersebut, melalui:
1. Peningkatan kompetensi & kapasitas dengan standar yang sama, terutama Deteksi Dini Rawan Kamtibmas dan Penanganan Bencana Alam;

2. Pelaksanaan tugas operasional secara komprehensif &  terpadu dalam melayani  mewujudkan kamtibmas & perlindungan masyarakat seperti  Penegakan Perda, Operasi Pekat, Operasi Barang Illegal, Operasi Kamtibmas dan Pamwal Keamanan Wilayah  & Peristiwa yang melibatkan khalayak Umum.

Tentu saja hal ini dengan tetap merawat koordinasi komunikasi & kemitraan aparat keamaan lainnya (TNI/Polri);

3. Satlinmas sebagai tenaga pengamanan wilayah tumbuh dan ada dari inisitatif masyarakat lokal yang dibina dan dididik sebagai garda terdepan di masyarakat mewujudkan perlindungan masyarakat, termasuk Bencana Alam;

4. Satpol PP & Satlinmas menjadi motor pengawal proses demokratisasi Pilkada di daerah secara sinergis melalui pembagian tugas berupa Satpol PP untuk pengamanan wilayah dan Kamtibmas, sedangkan Satlinmas untuk pengamanan di TPS & Penghitungan Suara.

Ke depan dalam mewujudkan Sinergitas Satpol PP & Satlinmas secara bersama diarahkan, mulai dari pengkatan kapasitas SDM hingga tugas operasional mewujudkan kamtibmas dan perlindungan masyarakat.  Selain itu partisipasi masy akan mjd langkah strategis.mewujudkan kesadaran masy melalui Program pelibatan Generasi Muda yakni Satpol PP & Satlinmas GO TO School. (El)