Home Headline Satlantas Menilai Parkir Berlangganan Solusi Terbaik Masalah Parkir Di Semarang

Satlantas Menilai Parkir Berlangganan Solusi Terbaik Masalah Parkir Di Semarang

212
0
Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan study lapangan terkait penerapan parking meter di jalan Sabang Jakarta Pusat.
        Semarang, 18/5 (BeritaJateng.net) – Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi menyambut baik wacana parkir berlangganan guna penataan parkir umum di Kota Semarang. Dengan mekanisme parkir berlangganan, nantinya akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.
         “Kami melihat dari sisi Kamtibmas, jika parkir on street atau parkir di pinggir jalan, sistem parkir yang diterapkan seperti sekarang ini, maka banyak menimbulkan keluhan masyarakat tentang tidak standarnya tarif parkir yang ada,” kata Ardi.
         Ardi mengungkapkan, beberapa waktu lalu muncul dugaan pemalakan yang ujung-ujungnya tindakan premanisme. Bahkan Satgas Saber Pungli juga telah menangkap juru parkir yang memungut tanpa disertai karcis.
       “Saya pikir, parkir berlangganan ini menjadi solusi terbaik. Dan dari sisi hitung-hitungan bagi masyarakat juga sangat murah yaitu perkiraan Rp 100 ribu setahun untuk satu kendaraan,” jelasnya.
        Ardi menjelaskan, mekanisme pembayaran parkir berlangganan nanti tidak masuk dalam mekanisme pembayaran pajak kendaraan. Karena pembayaran pajak kendaraan yang sudah ada meliputi pajak kendaraan sendiri, sumbangan wajib dana kecelakaan, dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).
        Nantinya, lanjutnya, Pemkot Semarang berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah agar pembayaran parkir berlangganan bisa dilakukan dengan menumpang saat warga membayar pajak kendaraan di Samsat. “Jadi tidak masuk dalam lembar STNK (surat tanda nomor kendaraan–red), hanya akan diberikan lembar tersendiri,” paparnya.
          Dengan parkir berlangganan juga, kata Ardi, akan memudahkan pihak kepolisian dalam menindak lokasi parkir yang tidak diawaki petugas yang resmi. Karena nantinya semua juru parkir akan terdata dalam sistem di Dishub Kota Semarang. (El)