Home Life Style Satlantas Luncurkan Game Baseta

Satlantas Luncurkan Game Baseta

Contoh Game Baseta yang dapat di download di Smartphone
Contoh Game Baseta yang dapat di download di Smartphone
Contoh Game Baseta yang dapat di download di Smartphone

Jepara, 23/5 (BeritaJateng.net) – Satlantas Polres Jepara meluncurkan game edukasi “Petualangan Baseta”, di  Pendapa Kabupaten Jepara. Game tersebut berisi panduan dan teori berlalu lintas. Harapannya, pengetahuan tertib lalu lintas masyarakat semakin bertambah.

Kasatlantas Polres Jepara, AKP Andika Wiratama yang juga merupakan inisiator game tersebut menjelaskan, game Baseta (Badut Keselamatan Berlalu Lintas) merupakan media pembelajaran untuk meningkatan keamanan dan keselamatan berlalau lintas. Game tersebut bisa didapatkan secara gratis oleh pengguna gadget android.

“Target kami memang ditujukan bagi anak-anak dan remaja. Tapi tidak menutup kemungkinan juga digunakan oleh orang dewasa. Pengetahuan keselamatan berlalu lintas penting untuk diajarkan sejak dini,” paparnya.

Dalam game tersebut, selain pengguna diuji ketangkasan mengendarai kendaraan, juga berisi sejumlah soal dan teori-teori yang hampir sama dengan yang ada dalam tes untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Hal ini untuk meminimalisir warga yang takut  tidak lulus dalam tes itu. Juga untuk menjembatani minumnya fasilitas untuk mempelajari teori berlalu lintas.

“Kami memang memanfaatkan perkembangan teknologi. Saat ini, pengguna smartphone di Indonesia mencapai 52,2 juta orang. 43 persen digunakan untuk download game. Sehingga kami menciptakan game Baseta,” urainya.

Hingga game itu resmi diluncurkan, tujuh ribu lebih pengguna smartphone telah mendownload game edukasi tersebut.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng, Kombespol Drs Benyamin MM menerangkan, saat ini masyarakat masih menganggap laka lantas suatu hal biasa. Padahal, korban meninggal akibat laka lantas lebih banyak dari korban perang.

“Rata-rata 72 nyawa melayang tiap hari akibat kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya. (Bj18)