Home Hukum dan Kriminal Satlantas Gandeng FKPM Tekan Aksi Balap Liar di Semarang

Satlantas Gandeng FKPM Tekan Aksi Balap Liar di Semarang

1093

Semarang, 7/1 (BeritaJateng.net) – Untuk menekan aksi balap liar yang sebagian besar didominasi anak muda, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Semarang giatkan sosialisasi dengan menggandeng Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM).

Hal itu disampaikan Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Catur Gatot Efendi saat melakukan kunjungan di kantor redaksi salah satu media cetak di Semarang.

“Jadi peran FKPM itu fungsinya memberikan pengarahan dini bagi anak muda yang tertangkap saat balap liar,” kata Catur.

Menurutnya, pihaknya terkadang kewalahan menghadapi para pemuda balap liar yang biasa melakukannya pada waktu tengah malam.

“Kalau didatangi selalu kabur, para pembalap liar itu pun langsung datang lagi pada saat petugas pergi,” ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya kedepan akan menggandeng FKPM termasuk anggota dari Satuan Binmas untuk bersama-sama melakukan sosialisasi tertib lalu lintas di jalan.

“Karena pelaku balap liar rata-rata anak sekolah, sehingga kita juga libatkan pihak sekolahan dalam hal ini guru,” terangnya.

Dalam upaya menekan aksi balap liar ini, lanjut Catur, Sat Reskrim Polrestabes Semarang juga sudah membentuk tim elang yang dalam pelaksanaannya, secara rutin melaksanakan kegiatan patroli pada malam hingga dini hari.

“Tim elang juga banyak membantu, motor-motor protolan yang diduga akan digunakan untuk balapan liar tak sedikit yang diamankan. Hal itu merupakan bagian dari upaya preventif untuk memberikan efek jera kepada pelaku,” ungkapnya.

Dengan demikian, Kasatlantas berharap dengan adanya pengarahan tentang kenakalan remaja yang dilakukan oleh pihaknya, bisa menjadi bekal bagi siswa agar terhindar menjadi pelaku maupun korban kenakalan.

“Ini kita lakukan sedini mungkin karena para siswa ini sudah menginjak remaja,” pungkasnya. (Bjt02)