Sastra Jepang UDINUS Raih Akreditasi A BAN PT

          Semarang, 9/6 (BeritaJateng.net) – Untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan terbaik bagi lulusannya, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali menorehkan prestasi melalui program studi Sastra Jepang. Nilai akreditasi A mampu diraih program studi Sastra Jepang sesuai dengan nomor SK : 1522/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017 yang ditandatangani oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal (23/5) lalu dan diterima di kampus Udinus Jl.Imam Bonjol 207.
             Sastra Jepang merupakan program studi ke-6 Udinus yang memperoleh nilai akreditasi A. Sebelumnya, 5 prodi lainnya yakni S1 Teknik Informatika, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Sistem Informasi, S1 Akuntansi dan S1 Sastra Inggris telah lebih dulu memperoleh raihan prestasi yang sama.
          Sebelum meraih akreditasi prodi Sastra Jepang terlebih dahulu dilakukan visitasi oleh tim asesor yang terdiri dari Nandang Rahmat, MA, PhD dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dan Prof. Djodjok Soepardjo, M. Litt dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) beberapa waktu lalu.
            “Kami melihat Sastra Jepang Udinus ini sudah baik. Kebersamaan dan iklim belajar mengajar disini cukup nyaman, sehingga berefek pada suasana yang kondusif,” ujar Djodjok di sela-sela visitasinya.
              Ketua Program Studi Sastra Jepang, Tri Mulyani Wahyuningsih SS., M.Hum mengaku sangat senang dengan perolehan status akreditasi maksimal tersebut. Perolehan ini tidak lantas membuat ia berpuas hati. Bersama keluarga besar Sastra Jepang Udinus, ia berkomitmen terus menjaga nilai maksimal yang sudah didapatkannya saat ini.
            “Status akreditasi A Sastra Jepang ini merupakan salah satu bentuk perwujudan kami mengemban visi menjadi program studi yang bermutu unggul di bidang kejepangan yang berbasis teknoligi informasi dan komunikasi dan kewirausahaan di tingkat Asia pada 2025 mendatang,” tutur Tri Mulyani.
             Tidak hanya terampil berbahasa Jepang secara lisan dan tertulis, lulusan Sastra Jepang Udinus juga dibekali dengan kemampuan tambahan dibidang teknologi informasi seperti komputer dan sinematografi. Dengan begitu lulusan yang lahir memiliki kesempatan bekerja di berbagai bidang yang lebih luas.
              Dekan Fakultas Ilmu Budaya,  Akhmad Saifudin, SS., M.Si dalam kesempatan itu mengaku sangat bangga karena salah program studinya meraih predikat akreditasi A. Kebanggaan itu bertambah karena predikat akreditasi A tidak dimiliki oleh kampus lain di Jawa Tengah.
            “Ini menjadi berkah yang luar biasa, semoga prodi ini memberi kontribusi dan manfaat bagi kemajuan pendidikan institusi ini dan masyarakat luas,” ujar Akhmad. (El)

Tulis Komentar Pertama