Home Kesehatan Sarapan Dengan Gizi Seimbang Penting Bagi Anak

Sarapan Dengan Gizi Seimbang Penting Bagi Anak

628
Anak-anak menikmati sarapan sehat

Semarang, 28/2 (BeritaJateng.net) – Perilaku hidup sehat dan gizi seimbang bagi anak ternyata sangat penting bagi tumbuh kembang sang buah hati. Untuk mengawali hari, anak-anak diwajibkan untuk makan makanan yang sehat. Sayangnya sarapan sering kali diabaikan, padahal saat tidur selama 8-9 setiap hari tubuh perlu asupan gizi yang terpakai saat tidur.

Asupan gizi dalam sarapan dipagi hari, ternyata dapat memenuhi 15-35 persen total energi setiap hari dan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Menu sarapan pun juga harus memenuhi komponen sumber energi yakni karbohidrat, protein sebagai zat pembangun dan pertumbuhan sel tubuh, dan sayur sebagai sumber vitamin tubuh.

“Sarapan yang mengandung asupan gizi di pagi hari dapat memenuhi sekitar 15-35 persen kebutuhan total energi setiap hari dan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal,” ucap Pakar gizi dr Grace Judio-Kahl.

Menu dalam sarapan sendiri harus diperhatikan,  terutama komponen-komponen yang harus tercukupi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, atau unsur Go yakni Karbohidrat memberikan energi yang untuk memulai hari, Grow yakni protein untuk membantu membangun sel dan alat untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan, dan Glow yakni vitamin dan mineral untuk menjaga dan menyediakan anti oksidan yang baik untuk tubuh.

“Kelengkapan komponen ini sangat penting, karena dapat  memberikan kebutuhan energi dan gizi untuk mengoptimalkan kemampuan, terutama bagi anak-anak dalam berpikir selama belajar di sekolah,” tuturnya.

Menurutnya, jika sarapan tidak bisa diabaikan, sebagai orang tua harus dengan sigap menyiapkan menu sarapan yang sehat dan praktis bagi anak-anaknya sebelum bersekolah. “Kalau ngga sarapan, mungkin tumbuh kembang anak akan terganggu dan sulit berkonsentrasi disekolah,” terangnya.

Terpisah Nutrition, Health, and Wellness Manager Nestle Indonesia Mira Susanti menambahkan jika Nestle ingin berpartisipasi dan turut serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya sarapan dengan kampanye bertajuk Awali Hari dengan Sarapan Bernutrisi Go,Grow,dan Glow.

“Sarapan sehat bisa disiapkan dalam waktu kurang dari 15 menit. Sasarannya adalah masyarakat luas terutama anak-anak agar saat belajar bisa lebih fokus dan bisa menjadikan generasi bangsa yang cerdas,” tambahnya.

Lanjutnya, sarapan sehat dari penelitian yang ada, antara sarapan dengan prestasi anak sekolah sangat berkaitan. ” Sarapan sehat tentu sangat perlu bagi sang anak, jadi harus dibiasakan sarapan sebelum memulai aktivitas sehari-hari,” pungkasnya.(BJ06)

Advertisements