Home Nasional SAR Gunung Kidul Evakuasi Warga Arab Saudi

SAR Gunung Kidul Evakuasi Warga Arab Saudi

Gunung Kidul, 28/12 (Beritajateng.net) – Tim SAR Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil mengevakuasi Syah Abdullah (40), warga Arab Saudi, yang terperosok ke dalam jurang di Pantai Banyu Pengilon, Tepus.

Koordinator SAR Korwil 1 Sunu Handaka Bayu Sagara di Gunung Kodul, Minggu, mengatakan, dirinya mendapatkan informasi jatuhnya korban, Sabtu (27/12) sekitar 17.00 WIB, oleh rekan korban Gandung.

“Kami langsung melakukan cek ke lokasi. Syah Abdullah selamat, dan dibawa ke RS Sardjito Yogyakarta,” kata Sunu.

Ia mengatakan evakuasi tidak bisa langsung dilakukan karena kondisi medan yang sulit dan hujan deras, sehingga bisa mengevakuasi pada Minggu pagi.

“Ketinggian dari dasar hingga titik aman avakuasi sekitar 300 meter,” katanya.

Untuk mengevakuasi korban, pihaknya menerjunkan personil SAR gabungan termasuk 25 orang dari SAR DIY.

“Korban berhasil diangkat pagi tadi karena medan curam harus menggunakan tali, sebagian yang lain menemani korban dari malam hingga pagi,” katanya.

Sementara teman korban, Gandung mengatakan Abdulah dan dirinya berangkat dari Klaten pada Sabtu siang untuk memancing ke Pantai Banyu Nibo, tetapi karena saat itu dipadati pemancing keduanya pindah lokasi di Patai Banyu Pengilon.

“Di Banyu Nibo lokasi penuh, kemudian kami pindah lokasi,” katanya.

Dirinya, sudah mengingatkan agar korban berhati-hati, naas korban malah terpeleset dan tergulung sampai di dasar jurang. Melihat temannya jatuh, dia langsung menuruni tebing untuk menolong korban. Abdullah ditempatkan menjauhi air laut.

“Abdullah terpeleset sampai di dasar jurang,” katanya.

Sampai di lokasi aman, korban dibawa ke puskesmas terdekat guna menjalani perawatan medis. Namun karena kondisinya cukup parah, kemudian dirujuk ke RS Sardjito untuk penanganan lebih lanjut. (Ant/BJ)