Home News Update Sapi Pemakan Sampah Tidak Layak untuk Hewan Kurban

Sapi Pemakan Sampah Tidak Layak untuk Hewan Kurban

683

Sapi Pemakan Sampah tidak Layak  Untuk Hewan Kurban

Semarang, 22/9 (beritajateng.net) – Ribuan sapi yang diliarkan di tempat pembuangan sampah Jatibarang Kota Semarang dinilai tidak layak dikonsumsi. Selain terdapat kandungan timbale dan kandungan kimia pada sel darahnya, daging sapi juga terkontaminasi sampah.

Bersamaan dengan hari raya kurban, pengawasan jual beli sapi dimasyarakat dilakukan secara lebih selektif. Selain tidak diperkenankan sapi dari luar yang tidak memiliki rekomendasi dari Dinas Kesehatan Hewan, sapi sampah Jatibarang yang tidak memiliki rekomendasi dilarang diperjual belikan.

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Semarang, sapi pemakan sampah di TPA Jatibarang tercatat lebih dari seribu ekor.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Dan Kesehatan Hewan Kota Semarang, untuk dijual dipasaran sapi pemakan sampah harus dikarantina minimal tiga bulan.

“Untuk mencegah peredaran sapi pemakan sampah di masyarakat, Dinas Pertanian Dan Kesehatan Hewan Kota Semarang akan menerjunkan petugas khusus, untuk selanjutnya akan membuat tempat karantina sapi pemakan sampah agar layak dikonsumsi masyarakat”, ujarnya (bj15)