Home News Update Sapi Kurban Kabur dan Masuk Gorong-gorong di Semarang

Sapi Kurban Kabur dan Masuk Gorong-gorong di Semarang

325
Sapi Kurban Kabur dan Masuk Gorong-gorong di Semarang

Semarang, 13/8 (BeritaJateng.net) – Seekor sapi kurban yang hendak disembelih kabur dan masuk ke saluran air atau gorong gorong depan minimarket di Jalan Lamongan raya, Kota Semarang.

Kondisi gorong-gorong yang sempit membuat warga kesulitan mengevakuasi sapi yang akan dijadikan hewan kurban di Masjid Darusalam Komplek, Sampangan Baru, Minggu (11/8).

Menurut Vildan salah satu warga yang ikut mengevakuasi sapi menjelaskan,  kejadian sekitar pukul 11.00 WIB disaat salah satu petugas yang akan memindah sapi  kurban, terpleset. Kondisi tersebut membuat sapi memberontak dan lompat ke dalam sungai yang berada tepat disamping masjid.

“Sapi mau dipindahkan, merupakan sapi ke enam yang mengantri akan di sembelih, tiba tiba yang bawa (petugas) sapi kepleset, sapi membrontak dan loncat masuk ke dalam sungai,” ujarnya.

Sapi Kurban Kabur dan Masuk Gorong-gorong di Semarang

Pihak panitia masjid di bantu dengan warga langsung mengejar dan mendapati sapi bersembuyi didalam gorong gorong atau sekitar 100 meter dari masjid.

“Warga sempat kehilangan jejak, dan ternyata sapi masuk kedalam gorong gorong tepat di depan Alfamidi,” katanya.

Meski gorong gorong sudah dibongkar,  warga masih kesulitan untuk mengevakuasi sapi yang sempat terjebak di gorong gorong depan minimarket.  Berbagai upaya pun dilakukan warga mulai membius sapi dengan mengunakan bawang merah hingga memberinya minum.

“Karena kondisi gorong gorong yang sempit dan tidak bisa maju, mundurpun juga kesulitan dan berdasarkan hasil kesepakatan terpaksa beton gorong gorong dibongkar,” ungkap Ketua Panitia Kurban Masjid Darusalam, Dedy Hartoyo.

Setelah satu jam terjebak di gorong gorong, sapi yang akan dijadikan hewan korban akhirnya mau keluar. Bahkan salah satu warga disruduk sapi disaat akan menenangkan sapi.

Oleh pihak panitia sapi dibawa kembali ke masjid dan langsung di lakukan penyembelihan untuk dijadikan hewan kurban. “Untuk penyembelihan tetap kita lakukan setelah dinyatakan aman,” ujar Dedy.

Selain sapi yang masuk gorong gorong,  di masjid darusalam sampangan baru, 6  sapi lainnya dan 10 ekor kambing yang sudah disembelih hari ini. (Nh/El)