Home Headline Sampah Plastik Antar Irna Setyawati Anggota DPRD Jateng Suara Terbanyak

Sampah Plastik Antar Irna Setyawati Anggota DPRD Jateng Suara Terbanyak

272

SEMARANG, 5/9 (Beritajateng.net) – Irna Setyawati Anggota DPRD Jateng yang berhasil meraih suara terbanyak pada Pemilu Legislatif April 2019 yang lalu ternyata memiliki kisah unik dalam meraih simpati di masyarakat. Ternyata salah satu faktor pendongkrak suaranya adalah Sampah Plastik.

Usai dilantik di Gedung Berlian pada Selasa (3/9), Irna mengungkapkan rahasia bisa memperoleh suara terbanyak yakni 179 ribu lebih pada pemilu 2019. Pada periode sebelumnya Pemilu 2014 Irna juga memperoleh suara sebanyak 155.130 suara.

“Banyak sih yang saya lakukan. Hanya selama ini saya lebih fokus pada ibu ibu dan remaja putri,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan yang berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) 13 (Pemalang, Pekalongan, Batang dan Kota Pekalongan) ini menjelaskan, di Kabupaten Pemalang khususnya yang menjadi tempat tinggalnya, pemilih perempuan menempati jumlah paling banyak yakni mencapai 52 persen. Oleh karena itu beberapa program dia terapkan untuk kaum perempuan di Kabupaten Pemalang yang diberi nama “MamsKuat”.

Salah satu program yang intens dilaksanakan adalah Koperasi Sampah. Program ini sudah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir dengan cara memilah sampah plastik yang berasal dari limbah rumah tangga berbahan plastik dan dimasukkan ke dalam botol aqua yang kemudian dibeli untuk didaur ulang.

“Limbah plastik dipotong potong kemudian dimasukkan ke dalam botol minuman air mineral yang dikenal dengan nama ecobrick. Ini bisa diolah menjadi bahan bangunan atau dimodifikasi menjadi hiasan bahkan bahan pakaian. Ecobrick ini kami beli melalui Koperasi Sampah,” ungkapnya.

Irna menjelaskan, untuk menjadi anggota Koperasi sampah, syaratnya sangat mudah yakni hanya menyetorkan ecobrick dengan nilai sebesar Rp. 10 ribu. Dengan menjadi anggota Koperasi Sampah, masyarakat bisa menjual sampah plastik yang sudah dikemas menjadi ecobrick ke koperasi sehingga memiliki nilai ekonomi. Selain itu juga memperoleh manfaat lain sebagai anggota koperasi.

“Pemanfaatan limbah plastik ini tentu saja bisa untuk banyak hal. Masyarakat Pemalang banyak yang kreatif oleh karena itu kami sering melombakan hal ini,” pungkas istri HM Junaedi Bupati Pemalang ini.

(NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here