Home Lintas Jateng Sampah Bisa Buat Macet Mesin Pintu Air Demangan

Sampah Bisa Buat Macet Mesin Pintu Air Demangan

tumpukkan sampah di depan pintu air Demangan
tumpukkan sampah di depan pintu air Demangan
tumpukkan sampah di depan pintu air Demangan

Solo, 11/2 (BeritaJateng.net) – Sampah terlihat menumpuk di depan pintu air Demangan, Sangkrah Pasar Kliwon Solo. Mulai dari sampah plastik, daun, kayu dan masih banyak lagi. Apabila tumpukan sampah makin banyak pastinya akan menganggu kelancaran air di sekitar pintu air Demangan.

Penjaga pintu air Demangan, Sisbayu merasa kerepotan dengan makin banyaknya sampah yang menumpuk di depan pintu air demangan Solo. Dan hal tersebut terjadi hampir setiap waktu. Yang berbahaya jika kondisi hujan seperti ini bisa membuat pintu air macet karena sampah dan bisa menghambat keluarnya aliran air menuju Bengawan Solo.

“Sudah sampaikan sama warga agar jangan buang sampah di kali, namun tetap saja mereka nekat buang sampah,” jelasnya di Solo Jawa Tengah, Rabu (11/2/2015).

Sisbayu mengungkapkan tumpukan sampah bisa membuat mesin pompa di pintu air rawan macet, karena terjerat sampah di pintu air. Terpaksa petugas harus turun untuk membersihkan sampah plastik yang menempel di pompa air.

“Kalau seperti itu siapa juga yang repot. Kondisi debit air yang tinggi bisa menghambat keluarnya air. Syukurnya di Demangan ada dua pompa. Satu di bersihkan mesin satunta bisa di fungsikan untuk memompa air,” terangnya.

Sisbayu juga mengaku sulitnya memberi pemahaman pada masyarakat. Mereka tetap nekat buang sampah di sungai. Padahal mereka sudah rutin diperingatkan agar jangan membuang sampah di sungai.

“Baru dibersihkan sebentar, aliran sampah sudah mulai masuk lagi. Yang bahaya itu kalau kayu, kadang juga kasur rusak, yang menyumbat aliran air,” keluhnya. (BJ24).