Home News Update Sambut Ramadhan, Unissula Gelar RDK Tarhib dan Pawai

Sambut Ramadhan, Unissula Gelar RDK Tarhib dan Pawai

334
0

IMG_20150617_083144

Semarang, 17/06 (BeritaJateng.net) – Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang menggelar Kegiatan Ramadhan Di Kampus (RDK) untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Kegiatan yang di mulai pada hari ini, Rabu (17/6) dimulai dengan kegiatan Tarhib, pawai menyambut kedatangan bulan Ramadhan.

Dari semua civitas akademika Unissula  berkumpul dan mengelilingi kampus sebanyak dua kali putaran sembari diarak. Masing-masing menampilkan ronce-ronce dan terbangan minimal 50 orang.

Ada pula penghargaan dari pawai yang baik dan rapi. Dari Fakultas Ekonomi ada 50 peserta, Fakultas Teknologi Industri ada 100 peserta dan Fakultas Kedokteran Gigi, sayangnta separuh perjalanan bubar.

Dilanjutkan dengan mendengarkan Tausiyah di Masjid Unnisula oleh Kyai Haji Mustaghfiri Ashrar dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Yayasan Kampus.

Ketua Ramadhan di Kampus (RDK) Drs. Nurul Yakin., SH., M. Hum mengatakan, tarhib memutari kampus dengan berjalan kaki diakhiri dengan acara makan soto bersama.

“Memang disiapkan oleh panitia menu soto biar seger. Pengajian ini dilaksanakan sudah tujuh tahun lebih setiap menjelang Ramadhan,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan dan manfaat pelaksanaan tarhib seperti yang diajarkan di dalam hadits. “Dijelaskan supaya kita menggembirakan orang-orang yang beriman dalam memasuki bulan suci Ramadhan. Maka dibuat supaya hatinya senang. Sebab orang yang hatinya senang ketika masuk bulan suci Ramadhan, akan diberikan jaminan masuk surga. Allahu a lam yang memilih. Oleh karenanya kita harus menggembirakan hati orang-orang yang akan menjalankan puasa supaya siap dan kuat,” paparnya

Ada pula segenap peserta dari dosen, karyawan dan mahasiswa yang khidmad mendengarkan tausiyah. Salah satunya Dosen Fakultas Teknologi Industri, Dr. Hj. Sri Arttini Dwi, M. Si. Beliau mengatakan pengajian Menjelang Ramadhan ini sudah sering diadakan.

“Diikuti oleh seluruh jajaran kampus, meliputi Mahasiswa, Dosen dan karyawan. Tema pengajian menyambut Ramadhan ini isinya umat muslim telah memasuki bulan Ramadhan yang sebelumnya ada bulan Sya’ban yang di dalamnya terdapat doa. Barakahnya bulan Sya’ban dan Ramadhan, gembira dalam menyambutnya,” katanya.

Ia menambahkan, puasa Ramadhan mengajarkan untuk makan dan minum secukupnya yang penting barakahnya. Pengajian ini menjadikan siap dan mantap menghadapi Ramadhan serta bijak memanfaatkan waktu.

Dari jajaran mahasiswa ada Noni Tuhlifi dari Fakultas Kedokteran Gigi yang menyimak tausiyah menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Sebelumnya juga telah melakukan puasa hampir satu bulan di bulan Sya’ban.

“Beliaulah tauladan yang baik dan patut ditiru bagi seluruh umat muslim terlebih di Bulan Ramadhan ini, ” imbuhnya. (Mg-1)