Home DPRD Kota Semarang Sambut Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kota Semarang Sosialisasikan Masyarakat Tanggap Bencana

Sambut Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kota Semarang Sosialisasikan Masyarakat Tanggap Bencana

3866
0

Semarang, ( Beritajateng.net) – Kalak BPBD Kota Semarang, Agus Harmunanto, turun langsung mengikuti acara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2018, Minggu pagi, (22,04), di Jalan Pahlawan, di areal Car Free Day. Dalam acara tersebut sejumlah kegiatan digelar oleh staf BPBD Kota Semarang. Acara diisi dengan kegiatan senam bersama, cek kesehatan dan pembagian flyer terkait kebencanaan. Pembagian flyer dilakukan dengan melaksanakan long march dari Jalan Pahlawan menuju Kawasan Simpang Llima.

Menurut Agus Harmunanto, sosialisasi terkait kebencanaan kepada masyarakat harus dilakukan, agar penanggulangan bencana dapat dilakukan mulai dari lapisan paling bawah, seperti keluarga. Karena menurut Agus, penangulangan bencana haruslah dimulai dari level yang paling awal. sehingga kerugian yang terjadi dapat diminimalisir.”Penanganan kebencanaan, tidak harus dimulai dari pihk pemerintahan, bisa juga diawali oleh masyarakat. Sehingga kerugian dapat dikurangi,” ujar Agus saat ditemui di acara Hari Kesiapsiagaan Bencana 218 (22/04).
Sosialisasi terhadap kesiap siagaan bencana ini mutlak diperlukan bagi masyarakat, karena ketidak tahuan masyarakat akan kebencanaan sangat rawan , dan fatal bagi lingkungan mereka sendiri. Menjaga lingkungan agar tetap asri, juga sangat disarankan bagi masyarakat. Bencana longsor dan banjir, adalah salah satu contoh bencana yang sering juga disebabkan oleh ketidak pedulian kita terhadap alam sekitar.(NG/BJ)