Home Lintas Jateng Sambut Hari Bhayangkara Ke 69, Polres Kendal Kumpulkan 150 Kantong Darah

Sambut Hari Bhayangkara Ke 69, Polres Kendal Kumpulkan 150 Kantong Darah

71
0
Sejumlah personil anggota polisi dan wartawan antusias mendonorkan darahnya dalam rangka menyambut hari bhayangkara ke 69 yang digelar Polres Kendal, Selasa (16/6).
Sejumlah personil anggota polisi dan wartawan antusias mendonorkan darahnya dalam rangka menyambut hari bhayangkara ke 69 yang digelar Polres Kendal, Selasa (16/6).
Sejumlah personil anggota polisi dan wartawan antusias mendonorkan darahnya dalam rangka menyambut hari bhayangkara ke 69 yang digelar Polres Kendal, Selasa (16/6).

Kendal, 16/6 (BeritaJateng.net) – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kendal, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal menggelar kegiatan donor darah, Selasa (16/6).

Kapolres AKBP Widi Atmoko SIK, mengatakan kegiatan yang dipusatkan di halaman indoor Tenis Markas Polres (Mapolres) setempat tersebut masih dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Bhayangkara ke-69, yang jatuh pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya.

“Sesuai arahan Kapolda Jateng, Irjen Polisi Drs Noer Ali, jajaran Polres diminta untuk terus menggiatkan anggota kepolisian dalam kegiatan sosial serta kemanusiaan,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya jajarannya dalam membumikan keberadaan institusi negara itu tak hanya sebagai aparat penegak hukum, tapi harus mampu menjadi mitra masyarakat sekaligus penggerak terwujudnya tatanan sosial kemasyarakatan yang bertoleransi dan berkeadilan sosial.

“Selain dari jajaran perwira dan anggota Polres Kendal, terlihat para wartawan yang bertugas di Kendal juga antusias mengikuti kegiatan ini dan ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk tujuan kemanusiaan. Saya pribadi sangat berterimakasih atas kerjasamanya sampai saat ini,” terang Kapolres AKBP Widi Atmoko SIK.

Dimas Saktyo salah satu wartawan media elektronik mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukan Polres Kendal. Sebab tujuannya sangat positif dan bermanfaat bagi khayalak umum, terutama bagi yang membutuhkan darah melalui PMI Cabang Kendal.

“Saya sering mengikuti dan mendonorkan darah, selain bermanfaat bagi orang lain juga baik bagi kesehatan tubuh sendiri,” ucapnya, disela-sela menahan rasa sakit, Selasa (16/6).

Dalam kegiatan itu, pihaknya menargetkan untuk mengumpulkan seratus kantong darah dari para pendonor yang merupakan anggota kepolisian di jajarannya, anggota Bhayangkari serta para relawan dari unsur pemerintah daerah dan masyarakat.

“Darah yang terkumpul sebanyak 150 kantong ini nantinya akan diserahkan kepada pihak PMI untuk dikelola dan disalurkan kepada siapa pun yang membutuhkan,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, sekaitan dengan fungsi institusi Polri sebagai pengendali keamanan dan ketertiban, pihaknya juga sudah menyiapkan kekuatan personel yang akan diterjunkan dalam melaksanakan operasi cipta kondisi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat, jelang memasuki bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

Dalam operasi tersebut, jelasnya, jajaran Polres Kendal salah satunya menitikberatkan kepada pengawasan peredaran barang-barang mengandung zat-zat yang dilarang pemerintah, serta tindakan pencegahan terjadinya tindak kejahatan dan penyakit masyarakat di wilayah hukum Polres Kendal.

“Kami juga berupaya menciptakan kondisi tertib berlalulintas dengan meningkatkan kepatuhan para pengguna jalan agar tingkat risiko kecelakaan dalam berlalu lintas di jalan raya bisa diperkecil,” kata dia.

Pihaknya mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap bersinergi positif dalam mendorong terciptanya ketertiban dan rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat. “Jadikan institusi Polri sebagai mitra dalam melindungi sekaligus mengayomi masyarakat sesuai fungsinya sebagaimana yang diamanatkan undang-undang,” pungkasnya. (BJ19)