Home Headline Sama- sama Ngotot, Mediasi Hanura Dengan KPU Buntu

Sama- sama Ngotot, Mediasi Hanura Dengan KPU Buntu

805
0
Sama- sama Ngotot, Mediasi Hanura Dengan KPU Buntu
        BLORA, 24/8 (BeritaJateng.net) – Mediasi sengketa pemilu yang diajukan oleh Partai Hanura, terkait dicoretnya kadernya sebagai bakal calon legislative (Bacaleg) berjalan buntu. Baik termohon, KPU Blora maupun pemohon, partai Hanura sama- sama ngotot merasa benar. Akibat tidak adanya titik temu, mediasi akan dilanjutkan pada tahap ajudikasi oleh Bawaslu yang dijadwalkan pada Senin (27/8/2018) nanti.
       Pengawas, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Blora Anny Aisyah mengatakan, hasil mediasi tidak mencapai kesepakatan karena keduanya bersikukuh kepada masing-masing pendapatnya. Paertai Hanura meminta KPU untuk membatalkan keputusan yang telah mencoret bacaleg Partai Hanura Dapil Blora 3 nomor urut 1 atas nama Warsit.
       Sedangkan KPUK Blora juga mempertahankan keputusannya, yang berdasarkan norma hukum yang sesuai dengan PKPU 20 Tahun 2018. Akibatnya  proses mediasi tidak mencapai kesepakatan.
       “Untuk proses selanjutnya akan dilanjutkan Adjudikasi hari pada Senin Pukul 13.00. Dalam keputusannya nanti untuk penetapan siapa yang dimenangkan dalam sengketa ini. Bawaslu tengah melakukan kajian untuk siapa yang akan dimenang dalam sengketa ini,” ujarnya.
        Sementara itu Ketua DPC Hanura Blora Edi Harsono mengatakan, pihaknya tetap tidak bisa menerima keputusan KPUK Blora, sebab keputusan KPUK Blora itu tidak sesuia dengan undang-undang nomor 7 tentang pemilu yang mengatakan jika semua warga negara itu berhak dipilih atau memilih. Sedangkan KPUK Blora yang berpedoman dengan PKPU nomor 20 tahun 2018 itu sangat bertentangan dengan undang-undang. ”Jadi dengan tuntutan  ini kami optimis akan memenangkannya,” ujar Edi penuh keyakinan.
(MN/El)