Salsabila, Raih Juara 1 Lomba Menulis Artikel SLTA

Para juara lomba menulis artikel tingkat SLTA yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga, berfoto bersama dewan juri, dan Kabid Pembinaan dan Pengelolaan Perpustakaan Dinas Arspus Purbalingga, Titin Werdiningsih ( nomer tiga dari kiri).
                Purbalingga, 8/9 (BeritaJateng.net)  – Salsabila Nur Firdausa, siswi Klas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bobotsari keluar sebagai juara pertama lomba penulisan artikel populer tingkat SLTA yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arspus) Kabupaten Purbalingga Tahun 2017. Melalui tulisannya berjudul: Tentaskan “Si Ndhengkluk” Menjadi Enterpreneur, ia menyisihkan lima peserta lainnya dalam babak final berupa presentasi di Kantor Dinas Arspus Kabupaten Purbalingga, Jumat (8/9).
                Atas kemenangannya itu, ia berhak mendapatkan uang pembinaan Rp 3 juta  dan piagam, serta mewakili Kabupaten Purbalingga dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Jateng di Semarang yang akan digelar dalam waktu dekat ini.  Sementara, juara kedua diraih Amalia Diniati Safi dari MAN Purbalingga, dan juara ketiga Safitri dari SMK Negeri 1 Kutasari. Juara kedua mendapatkan uang pembinaan Rp 2 juta, dan juara ketiga Rp 1 juta, serta masing-masing mendapatkan piagam.
               Keputusan para juara itu disampaikan ketua dewan juri lomba  penulisan artikel populer tingkat SLTA, Bangun Pracoyo, M.Pd. Dewan juri lainnya terdiri Drs.Prasetiyo (guru SMPN 1 Bukateja dan penulis), Untung Pujianto, S.Pd (Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Purbalingga), Septiningsih, S.Pd , M.Pd (guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Purbalingga), dan Arief Nugroho, SS (wartawan). “Lomba diikuti 20 karya, yang dikirim oleh 20 peserta dari berbagai SMA/MA dan SMK se Purbalingga,” kata Bangun yang juga pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga.
                Setelah melakukan penilaian tahap pertama, diambil enam besar. Dan pada Jumat kemarin, dilakukan presentasi dari enam peserta, dengan menekankan pada tiga aspek penilaian. Yakni penguasaan materi, teknik presentasi, dan orisinalitas karya.
               Adapun enam besar yang masuk babak final, terdiri  Suci Rachmawati dari SMAN 2 Purbalingga, Amalia Diniati Safi (MAN Purbalingga), Safitri (SMKN 1 Kutasari), Anfi Pratiwi (SMAN 2 Purbalingga), Salsabila Nur F (SMAN 1 Bobotsari), dan Eka Jahrotun dari SMKN 1 Purbalingga.
               “Para peserta yang masuk enam besar, kemampuan membacanya bagus. Hal ini terbukti, dalam seminggu mereka mampu membaca tiga buku sampai habis, umumnya buku sastra dan umum.  Hanya saja, budaya tulisnya memang masih perlu ditingkatkan lagi,” ujar Bangun Pracoyo yang baru saja meraih juara 3 nasional lomba penulisan Best practise bagi pengawas se Indonesia.
             Lomba penulisan artikel bagi siswa SLTA yang diselenggarakan oleh Dinas Arspus Purbalingga ini, mengambil tema “Dengan Membaca Kita Menjelajah Dunia”.
             Menurut Kabid Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan Dinas Arspus Purbalingga, Titin Werdiningsih, S.Sos, lomba ini untuk memotivasi para siswa SLTA agar piawai menuangkan gagasan dan melatih berkompetisi dalam penulisan artikel.
                Titin menambahkan, selain lomba menulis artikel bagi pelajar SLTA, pihaknya juga menggelar lomba karya tulis ilmiah bagi guru SMP se Purbalingga yang babak finalnya akan digelar hari Sabtu (9/9) ini di Kantor Dinas Arspus Kabupaten Purbalingga.(yit/el)

Tulis Komentar Pertama