Home Ekbis Sahabat Mata Tutup Tahun dengan Pertandingan Goalball dan Catur Khusus Tunanetra ke...

Sahabat Mata Tutup Tahun dengan Pertandingan Goalball dan Catur Khusus Tunanetra ke V

1029

Semaang, 2/01 (Beritajateng.net) – Olah raga Goalball merupakan olah raga khusus bagi kaum Tunanetra dan merupakan olah raga berkelas international. Kali ini, Sahabat Mata, mengadakan kegiatan pesta olah raga menutup tahun 2018, yaitu Sahabat Mata Cup ke V, di Mijen Kota Semarang.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah raga Kota Semarang, Gurun Risyad Moko menyampaikan, pemerintah Kota Semarang sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Sahabat Mata. Hal ini karena adanya atlit penyandang cacat asal Semarang yang sudah berprestasi hingga ke tingkat nasional, sehingga kegiatan seperti ini haruslah selalu diadakan. Kegiatan juga dapat menjadi pemersatu para penyandang cacat, khsusunya tuna netra.”Ya, kami akan mendukung kegiatan seperti ini, kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Sahabat Mata ini, mencari bibit berprestasi di bidang olah raga ini, sekaligus menjadi acara yang dapat mempererat persatuan para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra,” ujar Gurun saat ditemui di acara Sahabat Mata Cup V (31/12/18).
Hal yang sama juga disampaikan, oleh Ketua Dewan Pembina Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia, Kota Semarang, Zainal Petir, dimana pembinaan dan mencari bibit olah raga sangatlah penting. sehingga kegiatan di akhir tahun ini sangat didukungnya. bukannya berfoya foya, namun diganti dengan hal yang positif seperti ini.”Memang setau saya, acara tutup tahun biasanya diisi dengan acara yang terkesan foya – foya, namun kawan kawan Tunanetra Muslim kali ini merubahnya. Bersama Sahabat Mata mereka membuat acara tutup tahun dengan kegiatan lomba Goalball, yaitu olah raga para Tunanetra,” ungkap Zainal (31/12/18).

Kegiatan Sahabat Mata ini sudah yang ke lima, namun baru kali ini dapat perhatian lebih dari pemerintah setempat. Pengurus Sahabat Mata berharap, pemerintah dapat lebih aktif lagi membantu mereka sesuai dengan Undang- undang nomor 8, tahun 2016, tentang penyandang disabilitas.(NG/BJ)