Home Lintas Jateng RW 3 Karangrejo Gelar Pasar Krempyeng untuk Bangkitkan Perekonomian Warga

RW 3 Karangrejo Gelar Pasar Krempyeng untuk Bangkitkan Perekonomian Warga

RW 3 Karangrejo Gelar Pasar Krempyeng untuk Bangkitkan Perekonomian Warga

SEMARANG, 5/12 (BeritaJateng.net) – RW 3 Kelurahan Karangrejo, Gajahmungkur, menggelar Pasar Krempyeng yang diikuti oleh warga setempat. Tercatat, ada 35 alas dasaran yang menjual barang dagangan di Pasar Krempyeng tersebut. Kegiatan Pasar Krempyeng bertujuan untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta perekonomian di Karangrejo agar semakin berkembang dengan baik.

Lurah Karangrejo, Sudarsono, mengapresiasi ide menggelar Pasar Krempyeng yang dimaksudkan dalam memberdayakan masyarakat sekitar untuk larut dalam kegiatan pemulihan perekonomian, di tengah pandemi Covid-19. Dirinya berharap tingkat partisipasi warga dapat lebih maksimal pada kegiatan lanjutan dari Pasar Krempyeng tersebut.

”Ini merupakan pertama kalinya Pasar Krempyeng digelar di Jalan Welirang I RT 5/RW III Karangrejo. Mudah-mudahan aktivitas ini dapat terus berlanjut dan semakin berkembang. Misalnya saja barang dagangan yang dijajakan menjadi lebih bervariatif dan inovatif, agar masyarakat menjadi antusias dan tertarik untuk datang serta berbelanja di Pasar Krempyeng ini,” ujar dia, usai membuka secara resmi Pasar Krempyeng, Minggu (5/12).

Dirinya mengusulkan, kegiatan Pasar Krempyeng tersebut dapat berlanjut di malam harinya. Harapannya, dapat menjadi lokasi jujukan wisata kuliner dan menongkrong santai bagi masyarakat. Tentunya, kegiatan tetap harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

”Semoga kegiatan ini dapat menjadi berkah, karena apa yang menjadi harapan warga Karangrejo dapat tercapai. Warga menjadi senang karena jualan mereka mendapatkan hasil, dan pembeli pun senang karena bisa jalan-jalan sekaligus berbelanja di Pasar Krempyeng. Saya ikut berpesan agar kalau menjual dagangan jangan terlalu mahal, karena ini merupakan bagian dari program pemerintah yaitu berbelanja di warung tetangga,” terang dia.

Sementara itu, Ketua RW 3 Karangrejo, Darsiyo,mengatakan jika kegiatan ini mendapatkan dukungan dari pihak kelurahan dan kecamatan. Selain itu, Pasar Krempyeng turut melibatkan partisipasi seluruh warga Kelurahan Karangrejo, mulai dari RW 1-5. Para pedagang Pasar Krempyeng mulai buka dasaran pada pukul 06.00 dan acara selesai pada pukul 10.00.

”Mengingat ini baru kali pertama Pasar Krempyeng digelar di sini, maka jumlah pedagang masih dibatasi. Rencananya kegiatan akan dilangsungkan setiap minggu pagi. Hanya saja, kemungkinan nanti pada saat dua pekan di akhir Desember terpaksa libur dulu karena adanya rencana pemerintah yang memberlakukan aturan PPKM level 3. Dalam hal ini, kami tetap akan taat aturan,” papar dia.

Kegiatan pembukaan Pasar Krempyeng tersebut didahului dengan senam bersama warga. Tidak hanya itu, acara diisi dengan hiburan musik dan pembagian door prize bagi pengunjung yang beruntung. Hadiah berasal dari sejumlah tokoh masyarakat Karangrejo dan donatur. (Ak/El)