Home Kesehatan Rumah Singgah Sehati, Jujugan Pasien Luar Kota Saat Berobat ke RSUP dr....

Rumah Singgah Sehati, Jujugan Pasien Luar Kota Saat Berobat ke RSUP dr. Kariadi

2143

Semarang, 12/11 (BeritaJateng.net) – Kondisi rumah singgah itu tak terlalu besar. Namun meski kecil, sekurangnya puluhan pasien berada di dalamnya.

Tak hanya itu, satu anggota keluarga juga menemani. Fasilitas makan dan minum, perawatan hingga antar jemput gratis, disediakan.

“Mereka cukup membayar Rp15 ribu per hari untuk tinggal di sini,” terang Ketua Dharma Wanita Persatuan RSDK dr Kariadi Niken Bambang di sela kunjungan Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI ke Rumah Singgah Sehati.

Menurutnya, keberadaan rumah singgah memang diperuntukkan bagi pasien yang rumahnya jauh dari rumah sakit. Dengan keperluan pengobatan yang harus memaksa mereka tinggal, tidak mungkin membiarkan mereka bolak-balik ke RS.

Karenanya, rumah singgah menjadi solusi bagi pasien dan keluarganya saat berobat. Terlebih banyak pasien RS dr Kariadai yang berasal dari penjuru daerah di Jawa Tengah.

“Semisal pasien kanker dan butuh kemoterapi dari Blora, tidak perlu mereka bolak-balik ke daerah namun bisa memanfaatkan rumah tinggal karena terapi kemo itu bisa dilakukan puluhan kali lo,” tuturnya.

Pihaknya saat ini menyediakan 60 tempat tidur bagi 60 pasien berbeda. Ke depan, seiring dengan bantuan banyak pihak, akan ditambah lagi 16 tempat tidur tambahan.

Ketua rombongan PIA DPR RI Istha Saraswati yang merupakan istri dari Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengakui kunjungan ini merupakan bentuk aksi sosial dari pihaknya. Dirinya sangat mengapreisasi langkah yang dilakukan dengan membangu rumah singgah yang nyaman.

“Di sini pengelolaannya bagus dan bersih. Beberapa waktu lalu kami pernah berkunjung ke Rumah Singgah di Jakarta, namun keadaannya tidak sebagus yang ada di Semarang,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kunjungannya ke Kota Semarang merupakan agenda yang diamanahkan oleh partai untuk tetap mengadakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Selain ke rumah singgah, pihaknya juga akan mengunjungi Panti Asuhan Cacat Ganda di Pedurungan Lor.

Selain itu juga akan mengunjungi sentra UMKM di Kota Semarang. Nantinya, pihaknya akan memfasilitasi pelatihan, pengemasan hingga promosi dan pemasaran produk tersebut ke daeraha lain bahkan luar negeri.

“Kami juga akan mengunjungi tempat-tempat wisata unggulan di Semarang yakni Gua Kreo,” imbuh anggota PIA lainnya. (Bj)