Home News Update Rumah Kebun Unnes, 100 Jenis Pohon dan Fauna ada disini

Rumah Kebun Unnes, 100 Jenis Pohon dan Fauna ada disini

IMG_20150924_174226

Semarang, 24/9 (BeritaJateng.net) –¬†Universitas Negeri Semarang memiliki fasilitas publik yang dinamakan ‘Rumah Kebun’. Lokasinya ada di sekitar kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.

Pengelola rumah kebun, Moch. Samsul Arifin, menjelaskan terdapat 100 jenis pohon berada pada rumah kebun tersebut. Tempat edu wisata yang memiliki luas 2 hektar ini juga dilengkapi dengan beberapa fauna antara lain burung, serangga, tupai dan ular.

“Tempat ini memang sudah dirintis sejak 10 tahun yang lalu,” ujarnya di kampus Sekaran, Gunungpati, Kamis (24/9) siang.

Samsul Arifin juga mengungkapkan, jika Rektor Unnes, Fathur Rokhman mendirikan Rumah Kebun ditujukan untuk tempat edukasi dan pembelajaran mahasiswa tentang flora dan fauna serta juga pembelajaran untuk publik.

Kebakaran hutan yang telah terjadi di Riau beberapa minggu yang lalu memperlihatkan bentuk pemikiran primitif perusahaan-perusahaan besar yang ingin menguasai lahan. Itu terjadi karena minimnya penanaman rasa cinta terhadap lingkungan.

“Kerugian yang diakibatkan dari kurangnya rasa cinta terhadap lingkungan tersebut juga bisa berdampak pula pada roda perekonomian masyarakat. Dimana masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas ekonominya karena dampak asap yang tebal,” ungkapnya.

Ini merupakan bagian dari rencana Pak Rektor, lanjut Samsul, yang akan menjadikan Unnes sebagai eduwisata. Selain memiliki rumah kebun, Unnes juga tengah membangun kampung budaya, yang bertaraf Internasional. Dengan harapan Unnes dapat menjadi ikon wisata di Kota Semarang. (BJT01)