Home News Update Rumah Baca Wujud Gerakan Mencerdaskan Bangsa

Rumah Baca Wujud Gerakan Mencerdaskan Bangsa

132
0
Para pengunjung memanfaatkan rumah baca dengan membaca buku bertempat di Desa Brambang Kecamatan Karangawen Demak. 

DEMAK, 7/11 (BeritaJateng.net) – Dilatarbelakangi rendahnya budaya literasi seperti membaca dan menulis masyarakat sekarang ini, terlebih dengan adanya kemajuan teknologi seperti smartphone atau gadget. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 30 UIN Walisongo Semarang meliris sebuah rumah baca atau taman baca masyarakat, Senin, (6/11).

Rumah baca yang ditempatkan di Rt 01 RW 07 Desa Brambang Kecamatan Karangawen Demak ini mendapat sambutan positif dari masyarakat baik orang tua dan anak-anak. Bahkan rumah baca ini sudah di apresiasi oleh Kepala Desa Brambang Maryono.

Launching rumah baca yang dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Kepala Desa Brambang Maryono yang baru dilantik ini menyampaikan, terimakasih kepada KKN Posko 30 UIN Walisongo Semarang dengan membuat rumah baca untuk masyarakat.

“Kami berharap rumah baca ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat seluruh Desa Brambang. Kami juga mengapresiasi luar biasa terhadap mahasiswa UIN Walisongo yang terus mau membagun serta mewujudkan gerakan masyarakat cerdas dengan membuka rumah baca,” harapnya.

Kordes Posko 30 UIN Walisongo Imam Muslim menambahkan, dengan dibukanya rumah baca UIN Walisongo ini, masyarakat semakin lebih cerdas. Sesuai tema rumah baca yakni “Membaca Menciptakan Generasi Bangsa yang Cerdas dan Unggul”

Sementara itu, rumah baca yang akan dibuka setiap hari ini, banyak buku-buku yang sudah disajikan. Seperti buku sosial, buku sekolah, keagamaan, politik, kesehatan, latihan ujian hingga buku tataboga (masak memasak) serta lainnya.

“Kami berharap rumah buku yang sudah kami rilis ini akan memberikan manfaat yang luar biasa khususnya memberikan informasi atau wawasan melalui gerakan membaca,” harapnya.

Siti Sofiah salah satu warga menyambut baik rumah baca yang sudah dirilis oleh Kepala Desa bersama tim KKN UIN Walisongo. Menurutnya, rumah baca ini akan membantu warga khususnya anak-anak dalam mencari refrensi buku. Selain itu rumah baca ini juga disediakan buku-buku untuk membaca.

“Jadi rumah baca ini benar-benar bermanfaat  tidak hanya sebagai ruang baca tetapi juga bisa sebagai tempat untuk diskusi,” katanya. (Bj/El)