Home Hukum dan Kriminal Rukma Siap Menjadi Saksi Kasus Bansos

Rukma Siap Menjadi Saksi Kasus Bansos

Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi. foto/Bj13

Semarang,12/1 (Beritajateng.net) –  Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi, Selasa (13/1) dijadwalkan hadir menjadi saksi dalam kasus dugaan korupswi dana Bansos di Pengadilan Tipikor Semarang. Rukma menjadi saksi dengan terdakwa Rahmat, mantan Kades Kedungjati, Sempor, Kebumen.

“Iya benar, saya sudah terima undangan dan siap hadir jam satu beso,” ungkap Rukma saat dihubungi beritajateng, Senin (12/1), di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang.
Rukma menjelaskan, kedariannya dalam persidangan tersebut diharapkan bisa meluruskan opini yang saat ini beredar di masyarakat yang mengarah pada keterlibatannya dalam kasus tersebut.
“Selama ini opini yang berkembang bahwa bantuan gubernur tersebut adalah aspirasi saya dan atas perintah saya saat masih di Komisi D, ini tidak benar,” ungkapnya.
Tidak hanya itu, tambah Rukma, keterlibatan Bagong (saat ini buron) disebut sebut sebagai sopir pribadi dirinya pada saat kejadian berlangsung pada tahun 2008. Padahal menurut Rukma, Bagong menjadi sopir pribadinya pada tahun 2002 sampai 2007.
Dugaan keterlibatan Rukma ini diungkapkan terdakwa  Rahmat mantan Kades Kedungjati, Sempor, Kebumen. Dalam persidangan dia mengatakan bahwa dia dan tujuh kades lainnya menerima dana bantuan Gubernur Jawa Tengah sejumlah 23 proposal masing masing sebesar 50 juta rupiah sampai 70 juta rupiah. Namun dipotong dan hanya diberikan sebesar 5 juta rupiah.
Dana hasil potongan tersebut diserahkan kepada Pengurus PDI Perjuangan Kab Purbalingga. Selanjutnya dana diserahkan kepada Riyanto (Anggota FPDIP DPRD Jateng), dan diserahkan kepada Bagong (sopir pribadi Rukma). Dalih yang digunakan, potongan dana itu untuk menyukseskan pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Bibit Waluyo-Rustriningsih.(BJ013)