Home Ekbis Rudi Kecewa Jokowi Tidak Memihak Mobil Nasional

Rudi Kecewa Jokowi Tidak Memihak Mobil Nasional

Mobil Esemka yang dulu dibela mati-matian oleh Jokowi.
Mobil Esemka yang dulu dibela mati-matian oleh Jokowi.
Mobil Esemka yang dulu dibela mati-matian oleh Jokowi.

Solo, 9/2 (BeritaJateng.net) – Walikota Solo FX Rudy menyayangkan langkah yang diambil Presiden Joko Widodo bekerjasama dengan Proton, produsen otomotif asal Malaysia untuk program mobil nasional.

Rudy dengan tegas menyatakan seharusnya Jokowi lebih fokus untuk perkembangan mobil nasional karya orisinil anak bangsa dan layak di kembangkan menjadi mobil nasional.

“Saya menolak keras rencana itu. Kenapa pilih Proton bukan Esemka. Esemka ya Esemka,” tegasnya kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Senin (9/2/2015).

Harusnya ungkap Rudi, Presiden Jokowi lebih memihak pada dunia otomotif nasional. Bukannya malah bekerja sama dengan pihak luar (Malaysia).

Apalagi lanjut Rudi, saat itu Jokowi paham betul bagaimana konsisi Esemka saat itu. Produksinya tersendat karena kesulitan dana untuk melanjutkan produksi dan menyelesaikan pesanan mobil yang hingga kini belum juga diselesaikan.

Seharusnya Presiden Jokowi mengingat jika dulu perjuanganya tidak mudah, untuk bisa melakukan uji emisi. Masyarakat sangat mendukung hasil karya produksi anak negeri.

“Lebih baik batalkan saja rencananya untuk kerja sama dengan Proton, lobih baik danai saja esemka, ijinya dipermudah untuk jadi mobil nasional,” lanjutnya.

Rudi menilai Indonesia mampu membuat mobil sendiri tak kalah dengan Malaysia. Kalau ingin membuat mobil nasional gunakan kemampuan sendiri.

Sebelumnya saat menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi dan Rudi sempat menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas. Jokowi dan Rudy saat itu menggunakan mobil dinas jenis SUV Rajawali. (BJ24)