Home Nasional Ruas Tol Trans Jawa Ditargetkan Dapat Dilalui Mudik Lebaran Tahun Ini

Ruas Tol Trans Jawa Ditargetkan Dapat Dilalui Mudik Lebaran Tahun Ini

77
0
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono kunjungi ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, beberapa waktu lalu.

SEMARANG, 09/01 (BeritaJateng.net) – Tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang, pada musim mudik lebaran tahun 2017 yang jatuh pada bulan Juni mendatang, sudah dapat di fungsional kan untuk dilalui pemudik. Hal itu dinyatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meski pembangunannya belum selesai.

Supaya target selesai tepat waktu untuk fungsional, Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol yakni PT. Jasa Marga, PT. Sumber Mitra Jaya dan PT. Waskita, sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus mudik lebaran 2017.

“Ada dua tujuan dalam kunjungan kali ini, memastikan sepanjang 650 km jalan tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya ditargetkan selesai di tahun 2018 mendatang. Kemudian, pada mudik 2017 nanti, menyakinkan bisa tembus tidak hanya sampai Pemalang, namun bisa sampai Ngaliyan, Semarang. Meski fungsional, jalan sudah dilapisi beton,” terang Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono usai kunjungan ke ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, beberapa waktu lalu.

Pembangunan jalan tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya, sepanjang 650 km.
Pembangunan jalan tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya, sepanjang 650 km.

Jalan tol Trans Jawa sampai Semarang, dapat difungsionalkan dengan adanya alternatif rekayasa lalu lintas, yang nantinya tidak lagi hanya terfokus di Brebes Timur seperti tahun lalu.

“Jadi banyak alternatif untuk rekayasa lalu lintas. Jika di Ngaliyan nanti sudah dapat berfungsi, arus dapat terpecah di Brebes untuk langsung menuju Purwokerto,” jelas Basuki Hadimuljono. (ED/EL)