Home Kesehatan RSUP dr. Kariadi Semarang Kedatangan 8 Pasien Difteri

RSUP dr. Kariadi Semarang Kedatangan 8 Pasien Difteri

300
0
Ruang perawatan khusus pasien Difteri di RSUP dr. Kariadi Semarang.
            Semarang, 22/12 (BeritaJateng.net) – Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Kariadi Semarang,  mendapat rujukan delapan pasien suspect difteri dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Setelah dilakukan pengujian klinis, 4 pasien diantaranya dinyatakan positif.
            Menurut dokter spesialis anak RSUP dr. Kariadi, dr. Hapsari Delapan pasien suspect difteri yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Kariadi Semarang terdiri dari lima anak-anak, dan tiga orang dewasa. Mereka berasal dari berbagai daerah di Wilayah Jawa Tengah, seperti kabupaten Batang, Kendal, Demak, Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Mereka dirujuk ke RSUP Kariadi sejak awal Desember.
             “Saat dibawa ke rumah sakit, sebagian besar dari mereka mengalami demam, dan nyeri pada bagian tenggorokan. Namun  setelah dilakukan pengujian secara klinis, ada empat orang yang dinyatakan positif difteri. Bahkan satu orang diantaranya yang masih anak-anak pada 13 Desember lalu meninggal dunia,” ujarnya.
            Dokter Hapsari menambahkan tiga pasien difteri lainnya yang dirawat kondisinya terus semakin membaik. Pihak rumah sakit merawat mereka di ruang isolasi dan telah diberikan obat anti biotik serta obat anti difteri serum.
           “Masing-masing pasien difteri mendapatkan 4 file ads atau 40 ribu internasional unit anti difteri serum,” tambahnya.
           Sementara untuk memberikan pelayanan yang terbaik, karena menjadi Rumah Sakit rujukan, RSUP Dokter Kariadi Semarang juga telah menyiapkan 10 file ads atau 100 ribu internasional unit anti difteri serum yang siap untuk digunakan. (Bj/El)