Home Headline RSUD Semarang Terpaksa Pulangkan Pasien DBD

RSUD Semarang Terpaksa Pulangkan Pasien DBD

Rumah sakit terpaksa memulangkan pasien DBD karena ruangan penuh.

Rumah sakit terpaksa memulangkan pasien DBD karena ruangan penuh.

Semarang, 3/2 (BeritaJateng.net) – Wabah penyakit demam berdarah meluas hingga di Jawa Tengah, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Semarang terpaksa memulangkan Pasien DBD karena ruangan penuh. Pasien yang dirawat hanya yang masuk dalam kondisi kritis.

Menurut Suzana Dewi Ratih, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Kota Semarang, untuk jumlah pasien saat ini meningkat dua kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Untuk tahun lalu jumlah pasien DBD sebanyak 80 pasien, kini mencapai 126 pasien.

Akibatnya ruangan perawatan penuh dan tempat tidur pasien tidak mencukupi. Untuk mengantisipasi, pihak rumah sakit memulangkan pasien yang trombositnya sudah naik dan menerima pasien yang datang dalam keadaan kritis.

“Yang dipulangkan tentu pasien yang rawat jalan, belum saatnya dirawat inap sementara yang harus diinapkan pasien yang trombositnya dibawah 100,” ujarnya.

Menurut Syamsul Hadi salah satu pasien DBD, anaknya Sazali (10) mengalami demam selama tiga hari, demi keselamatan anaknya Syamsul membawa ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan dokter.

“Anak saya demam selama tiga hari, saat dicek trombositnya turun ke angka 40,” ujar warga Mranggen, Demak.

Pihak rumah sakit menghimbau kepada mayarakat kota selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Karena pada musim hujan DBD mengalami peningkatan dan sudah menyebar hampeir di seluruh wilayah. (BJ15)