Home Lintas Jateng Ribuan Warga Blokir Jalan, Jalur Pantura Lumpuh Total

Ribuan Warga Blokir Jalan, Jalur Pantura Lumpuh Total

IMG-20150723-WA0017

Semarang, 23/7 (BeritaJateng.net) – Aksi unjuk rasa ribuan warga yang menamakan diri sebagai ahli waris Gunung Kendeng berakhir dengan memblokade jalan pantura Pati-Kudus Kilometer 6, desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo, Kamis (23/7) siang.

Massa yang tergabung dalam jaringan masyarakat peduli pegunungan Kendeng (JMPPK) ini menuntut untuk bisa bertemu dengan Bupati Pati Haryanto terkait masalah pendirian semen di wilayah Pegunungan Kendeng.

Massa bertindak anarkis dengan membakar ban, dan menaruh bebatuan di badan jalan. Ratusan personel dari Polres Pati, Polda Jateng, dan jajaran Kodim Pati di kerahkan untuk meredan massa.

Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho HP dan Dandim Letkol Inf Hery Setiyono turun di lapangan langsung. Mereka mengerahkan ratusan pasukan keamanan untuk mengamankan jalan.

Kondisi jalan macet total, karena diblokade dengan batu dan sedikitnya ada tujuh titik jalan yang dibakar dengan kayu. Warga bersikap anarkis. Beberapa rambu dan portal jalan dicabut.

Insiden tersebut membuat jalan nasional macet total hingga puluhan kilometer. Padahal, banyak pengguna jalan yang tengah arus balik. “Tolak semen sampai mati,” kata salah seorang demonstran. (Bj)