Home Lintas Jateng Ribuan Umat Muslim dan Uskup Agung Hadiri Shalat Id Di MAJT 

Ribuan Umat Muslim dan Uskup Agung Hadiri Shalat Id Di MAJT 

IMG-20150717-WA0014

Semarang, 17/7 (BeritaJateng.net) – Puluhan ribu umat muslim padati area Masjid Agung Jawa Tengah  (MAJT) di Jl. Gajah Raya No. 128, Sambirejo, Gayamsari, Semarang, pada hari Jum’at  (17/7) pagi ini.

Jamaah umat muslim datang  ke MAJT untuk melaksanakan shalat id berjamaah. Sholat idul fitri dari MAJT sendiri mengalami sedikit keterlambatan 15 menit dari jadwal semula yang akan melaksanakan sholat id pada pukul 06.30 wib.

Jadwal keterlambatan dikarenakan para jamaah yang masih di terkena macet di jalan gajah raya menuju pintu masuk area masjid, dan terjadi kemacetan yang panjang. Jadi pihak penyelenggara menunda 15 menit.

Selaku khotib yang dipimpin oleh Bp. Dr. H. Ahmad Fadlil Sumadi, SH. M.Hum  dengan mengangkat  tema Keutamaan Ramadhan dan Maknanya Bagi Kaum Muslimin.

Dan diteruskan dengan sholat id yang dipimpin oleh Bp. K.H. Zaenuri Ahmad, AH sebagai imam.

Security dan guid MAJT Bp. H Arief mengatakan, kemungkinan jamah yang menghadiri shalat id ini ada sekitar 35.000 jamaah umat muslin, yang berasal dari kota Semarang dan luar Semarang. “Apalagi banyak umat muslim yg pulang kampung ke Semarang,” jelasnya.

Menurutnya, untuk jamaah yang menghadiri shalat id di lebaran tahun ini, mengalami peningkatan kurang lebih nya mungkin 3 persen dari tahun lalu.

Adam salah satu jamaah shalat id di MAJT mengungkapkan dirinya selalu melaksanakan Shalat id di MAJT, dan baru kali ini juga mengalami penundaan 15 menit, dikarenakan ada kemacetan di pintu masuk area Masjid.

“Padahal kami tadi sekeluarga tadi berangkat dari rumah pusponjolo pada pukul 05.40 wib, dan melewati Gajah Jolotundo belum terjadi kemacetan,” tambahnya.

Bukan hanya itu, turut hadir pula Uskup Agung Semarang Mgr. Johannes Pujasumarta menghadiri salat Idul Fitri 1436 Hijriah di Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

Uskup Pujasumarta didampingi Sekretaris Keuskupan Agung Semarang Romo Ignatius Triatmoko serta Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Romo Aloysius Budi Purnomo.

“Tujuan kami datang untuk mengucapkan selamat Idul Fitri secara langsung, semoga hari ini menjadi hari yang berkah bagi siapapun dan apapun sehingga umat beragama bisa membangun kebersamaan serta persaudaraan yang sungguh-sungguh,” kata Uskup Agung.

Uskup Agung menjelaskan hubungan umat Katolik dengan umat beragama lainnya di Indonesia sangat penting terkait dengan kerukunan sesama manusia. “Kami sungguh-sungguh ingin mewujudkan rahmatan lil alamin atau menjadi rahmat serta berkat bagi seluruh alam semesta,” ujarnya.

Menurut Monsinyur Pujasumarta, seluruh umat beragama memaknai Idul Fitri sebagai maaf dan pengampunan karena dalam hidup setiap manusia tidak bisa lepas dari berbagai kesalahan dan dosa. Uskup Pujasumarta mengatakan, biasanya ia mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri pada saat open house Gubernur Jateng yang dilaksanakan di Wisma Perdamaian. “Karena tahun ini ditiadakan maka kami ke sini,” katanya.

Ketua Dewan Pelaksana Pengelola MAJT Noor Achmad menyambut baik kehadiran perwakilan dari Keuskupan Agung Semarang. “Saya berharap hal ini bisa dilakukan tiap tahun untuk menjalin silaturahmi antarumat beragama,” ujarnya. (MG-3/BJT01)