Home Hiburan Ribuan Nelayan Meriahkan Larung Kepala Kerbau

Ribuan Nelayan Meriahkan Larung Kepala Kerbau

1095

pesta lomban

Jepara, 25/7 (beritajateng.net) –Peringatan pesta syawalan atau dikenal dengan pesta lomban di Jepara, ,diwarnai tradisi sedekah laut, dengan melarung kepala kerbau, Sabtu Pagi. Larung sesaji ikuti ribuan warga dengan menumpang ratusan kapal nelayan.

Sesaji berupa hasil bumi dan potongan kepala kerbau dalam replika kapal, diiring menuju kapal motor nelayan. Kapal motor yang membawa sesaji terlihat menarik setelah dirias sedemikian rupa dengan janur dan beragam bendera.

Ribuan warga yang tidak turut larung sesaji hanya bisa melepas dari dermaga tempat pelelangan ikan Ujung Batu Jepara. Ratusan kapal nelayan turun ke laut, mengiringi kapal motor yang akan melarung sesaji.

Petugas gabungan diterjukan, guna mengamankan jalannya larung sesaji, guna menghindari kecelakaan laut. Setelah tiba di tengah laut, sesaji pun dilarung.

Kali ini, warga tidak diperbolehkan berebut sesaji, karena sangat membahayakan keselamatan. Para nelayan menyiram kapal yang mereka tumpangi dengan air laut, sebagai ritual pembersihan kapal dari sial.

Bupati Jepara Ahmad Marjuqi menjelaskan, larung kepala kerbau ini merupakan tradisi turun menurun dari nenek moyang, yang dikenal dengan istilah pesta lomban syawalan.  Tradisi ini sebagai bentuk raya syukur kepada Tuhan, atas keselamatan dan hasil laut yang telah diberikan.

“Kita harus bersyukur kepada Tuhan atas keselamatan saat melaut serta limpahan tangkapan ikan selama setahun ini. Semoga, setelah pesta lomban ini, para nelayan selalu diberi keselamatan dan hasil tangkapan ikan yang berlimpah,” jelas Marjuqi.

Usai larung sesaji, warga disuguhi hiburan tari-tarian yang berlangsung di tepat wisata Pantai Kartini. Pesta lomban syawalan diakhiri dengan festival kupat lepet yang diperebutkan warga. Warga yang turut berebut kupat lepet menyakini akan datangnya berkah,” kata Susmiyati, seorang pengujung.

Selain sebagai tradisi, pesta lomban kini dijadikan daya tarik wisatawan.(BJ18)

Advertisements