Home Nasional Ribuan Mahasiswa Unnes Ikuti Progam Bela Negara  

Ribuan Mahasiswa Unnes Ikuti Progam Bela Negara  

87
0
Menteri dalam negeri Tjahyo Kumolo melepas mahasiswa Unnes untuk mengikuti kegiatan Bela Negara.
           Semarang, 8/9 (BeritaJateng.net) – Program bela negara terus digalakkan Pemerintah bagi generasi muda Indonesia Sebanyak 6500 Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, Jumat (8/9) siang, diberangkat untuk mengikuti program bela negara.
               Pelepasan mahasiswa bela negara dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo di halaman Rektorat Universitas Negeri Semarang.
               Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo mengingatkan akan pentingnya bela negara bagi generasi muda dan mengatasi dampak negatif globalisasi perkembangan teknologi dan Informasi.
                 “Pelaksanaan bela negara diprioritaskan kepada generasi muda, hal ini dilakukan untuk memberikan pengertian kepada mereka, khususnya mahasiswa atasi dampak negatif globalisasi pasca reformasi, Bela negara bukan berarti angkat senjata, namun  pentingnya menjadi warga negara,” ujarnya di Unnes.
                   Selama tiga hari para mahasiswa akan diberikan pengetahuan arti pentingnya bela negara di Rindam IV Diponegoro, di Magelang. Mereka akan mengikuti serangkaian kegiatan kemiliteran dengan bimbingan  langsung oleh Anggota Kodam IV Dponegoro.
Ribuan Mahasiswa Unnes Ikuti Progam Bela Negara.  
Ribuan Mahasiswa Unnes Ikuti Progam Bela Negara.
                  Rektor Unnes, Fathur Rokhman, menjelaskan bahwa program ini sesuai yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, Gerakan nasional bela negara.
                “Program bela negara dilaksanakan secara bertahap ada 10 tahapan, dalam program ini kami bekerjasama dengan Kodam IV/Diponegoro,” tuturnya.
                   Walikota Semarang Hendar Prihadi juga mengapresiasi bela negara yang dikuti Mahasiswa Unnes. Dalam kesempatannya orang nomor satu dikota semarang juga memberikan pesan bahwa kegiatan ini jadikanlah kegiatan yang positif  jangan dianggap sebagai siksaan.
               “Jadikan kegiatan ini jangan dianggap sebagai siksaan namun sebagai kegiatan positif dalam menumbuhkan Nasionalis dan rasa Cinta Tanah Air,” ujar pria yang akrab disapa Hendi ini.
Ribuan Mahasiswa Unnes Ikuti Progam Bela Negara  
Ribuan Mahasiswa Unnes Ikuti Progam Bela Negara
                  Para Mahasiswa yang mengikuti program bela negara di angkut dengan menggunakan truk milik TNI. Setelah di lepas secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, para mahasiswa langsung menuju ke Magelang untuk mengikuti serangkaian dengan arahan dan bimbingan langsung anggota TNI. (Nh/El)