Home Hukum dan Kriminal Ribuan Botol Miras Hasil Razia Cipta Kondisi Dimusnahkan

Ribuan Botol Miras Hasil Razia Cipta Kondisi Dimusnahkan

Gajahmungkur-20150710-01006
Semarang, 10/7 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 8.176 botol minuman keras berbagai merk dimusnahkan di lapangan Polrestabes Semarang, Jumat (10/7).

Ribuan miras berbagai jenis dimusnahkan sebanyak 7801 botol, 1522 jerigen ciu, dan 156 plastik miras oplosan.

Ribuan botol minuman keras yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil sitaan dalam razia penyakit masyarakat yang dilakukan petugas kepolisian Jajaran Polrestabes Semarang jelang dan selama bulan suci Ramadan.

Pemusnahan ribuan botol miras tersebut juga disaksikan sejumlah tokoh masyarakat seperti Walikota Hendrar Prihadi, Kejari Semarang. 

Ribuan botol miras yang dimusnahkan dengan alat berat tersebut disita petugas kepolisian dari sejumlah tempat seperti toko, industri rumahan, tempat hiburan dan warung jamu yang berada di wilayah hukum Polrestabes Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanudin mengatakan, semua miras ini merupakan hasil razia cipta kondisi menjelang lebaran. 

“Semua miras yang dimusnahkan ini mulai dari kadar alkohol rendah 16 sampai 60 persen dan Civas yang belum dihitung kadar alkoholnya,” katanya.

Burhanudin menambahkan dari barang bukti miras itu sebagian diserahkan kejaksaan Negeri Semarang sebanyak 4584 botol dan 1511 jerigen miras. 

“Sebagian barang bukti diserahkan Kejari,” imbuhnya.

Burhanudin menjelaskan razia tidak hanya dilakukan menjelang dan ketika bulan suci Ramadan, akan tetapi razia serupa juga akan terus dilakukan petugas untuk menekan tindak kejahatan yang disebabkan pengaruh minuman keras.

“Kita tetap terus razia miras, karena pelaku kriminalitas rata-rata berawal dari miras,” ungkapnya.

Dengan ditingkatkannya razia minuman keras di wilayah Semarang diharapkan dapat meminimalisir dan menurunkan peredaran miras di wilayah hukum Polrestabes Semarang.(BJ04)