Home Hukum dan Kriminal Ribuan Botol Miras dan Sabu Di Cilacap Dimusnahkan

Ribuan Botol Miras dan Sabu Di Cilacap Dimusnahkan

pemusnahan miras dan sabu

Cilacap, 6/7 (BeritaJateng.net) – Lebih dari 5.700 botol minuman keras dari berbagai jenis dan ukuran, Senin (6/7) dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat  walles.

Selain miras, turut dimusnahkan sekitar dua ons sabu – sabu yang juga merupakan barang bukti kasus narkoba dalam beberapa waktu terakhir.

Barang haram ini dimusnahkan dengan cara dimasukan ke ember berisi air dan campuran solar.

Pemusnahan yang berlangsung di Jalan Juanda depan Mapolres Cilacap itu menjadi bagian dari kegiatan Operasi Cipta Kondisi 2015 yang digelar dalam upaya mendukung kondusifitas selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya mengatakan, ribuan botol miras yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti dari hasil operasi yang digelar jajarannya dalam sebulan terakhir. “Kami ingin membuktikan bahwa polisi tidak main-main dengan urusan penyakit masyarakat. Artinya kami tidak akan mentolelir dengan setiap pelaku pengedar atau pengguna miras,” kata Ulung Sampurna.

Sebagai bentuk ketegasan terhadap kasus ini, sanksi hukum diterapkan sesuai dengan perda (peraturan daerah) melalui proses sidang tindak pidana ringan (tipiring). “Oleh karenanya kami tidak akan melepas koordinasi dengan Satpol PP, dan institusi terkait lainnya untuk kasus-kasus pekat seperti ini” jelas Kapolres.

Diakui, upaya pihaknya atau Satpol PP dalam meminimalisir peredaran miras memang belum bisa membuat efek jera terhadap semua kalangan pengedar. Kendati demikian tidak membuat surut pihaknya maupun institusi terkait lain untuk menindak setiap pelanggaran kasus tersebut.  

“Kami terus berupaya meminimalisir peredaran miras di wilayah Cilacap, karena dampak negatif yang luas dapat ditimbulkan dari barang haram ini” tuturnya. (BJ33)