Home Lintas Jateng Ribuan Anak Terima Beasiswa dari Pemkab Kudus  

Ribuan Anak Terima Beasiswa dari Pemkab Kudus  

Ribuan anak menerima beasiswa dari Pemkab Kudus. foto: Beritajateng.net/PJH

Kudus, 19/12(Beritajateng.net) – Ribuan siswa dari keluarga kurang mampu, menerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Kudus. Data yang ada terdapat 5.677 siswa mulai tingkat SD, SMP, dan SMA menerima beasiswa yang bersumber dari APBD dengan jumlah bervariasi.
Dalam sambutannya sebelum menyerahkan bea siswa secara simbolis di Gedung JHK, Bupati Kudus Musthofa mengatakan, bantuan pendidikan kepada ribuan siswa ini merupakan salah satu upaya pemkab membantu siswa dari keluarga kurang mampu agar tetap bisa menempuh jenjang pendidikan minimal hingga SMA.
“Harapan kita semua, tidak ada lagi siswa dari keluarga tidak mampu putus sekolah hanya karea persoalan biaya. Semua anak di Kudus harus menyelesaikan pendidikan minimal hingga jenjang SMA,” kata Musthofa didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Joko Susilo.
Sejak awal, lanjutnya, Pemkab Kudus berkomitmen menyelenggarakan pendidikan terjangkau dan berkualitas melalui wajib belajar 12 tahun. Dengan adanya pendidikan terjangkau, diharapkan masyarakat kurang mampu tetap memiliki kesempatan menempuh pendidikan hingga jenjang SMA, atau MA maupun SMK.
Tahun ini beasiswa diserahkan melalui sekolah bukan diserahkan secara tunai kepada orang tua siswa. Nantinya siswa yang memegang kartu pintar tidak perlu keluar biaya karena kebutuhan sekolah sudah dipenuhi lewat bantuan beasiswa tersebut.
Ditegaskan, apabila masih ada siswa dari keluarga tidak mampu yang belum terdaftar, pihaknya menganjurkan segera didaftarkan karena pemerintah siap menambah alokasi dana untuk beasiswa tersebut sepanjang yang mengajukan benar-benar dari keluarga tidak mampu. “Kami berharap semua pihak, termasuk orang tua siswa untuk ikut mengontrol dan mengawasi pendidikan anak-anaknya, artinya tidak hanya menyerahkan sepenuhnya kepada guru atau pihak sekolah,”imbuhnya.
Sementara itu Kadisdikpora Kudus Joko Susilo menambahkan, dari 5.677 siswa yang menerima beasiswa 594 anak merupakan siswa SD/ MI, 1.147 anak adalah siswa SMP/ MTs, dan 3.936 anak adalah siswa setingkat SMA/ SMK/ MA. Mengenai besaran beasiswa yang diterima siswa SD dan sederajat Rp360ribu/anak per tahun,  untuk siswa SMP/ MTs sebesar Rp 600 ribu, dan SMA/ MA/ SMK sebesar Rp 1,080,000. (pjh/pj)